Jurnalistika
Loading...

Belajar dari Pria Tangerang yang Obesitas, Ini Saran Kemenkes

  • Sultan Alfharo

    21 Jul 2023 | 17:55 WIB

    Bagikan:

image

(Ilustrasi: Pixabay/Joenomiah)

jurnalistika.id – Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi salah satu penyakit yang menghantui manusia modern. Terbaru, seorang pria penderita obesitas asal Tangerang berinisial CR (45), meninggal di RSCM, pada (24/7/2023).

Disebutkan, CR memiliki bobot tubuh 200 kilogram (kg). Pihak RSCM menyatakan, ia meninggal karena sesak nafas.

Sebelum CR, sebelumnya pun ada pasien obesitas dari Tangerang yang meninggal karena obesitas ekstrim 300 kg. Pasien berinisial MF ini pun meninggal dunia di RSCM pada Kamis (22/6) lalu.

Lantas, apa sih obesitas itu, apa sebabnya?

Dilansir dari laman resmi Kemenkes, Ketua Tim Kerja Penyakit Diabetes Melitus dan Gangguan Metabolik dr. Esti Widiastuti, menyampaikan, salah satu faktor yang dapat membuat seseorang mengalami penyakit obesitas adalah kurangnya aktivitas fisik, sementara asupan kalori cukup tinggi.

Kurangnya aktivitas fisik ini dipengaruhi oleh penggunaan ponsel pintar yang berlebihan. Sehingga menyebabkan seseorang akan malas melakukan kegiatan.

Ditambah jika orang tersebut memiliki pola makan yang berantakan. beberapa faktor seperti ini dapat meningkatkan resiko seseorang terkena obesitas.

“Berbicara tentang obesitas itu berbicara bahwa apa yang masuk ke dalam tubuh dengan apa yang keluar. Tapi kalau apa yang masuk lebih banyak akhirnya menumpuk dan penumpukan kalori yang masuk itu akan menjadi lemak sehingga jadilah overweight dan obesitas,” kata dr. Esti Widiastuti pada konferensi pers di gedung Kemenkes, Jakarta, Selasa 11 Juli 2023.

Saran Kemenkes untuk Menghindari Obesitas

Untuk menghidari penyakit obesitas, dr. Esti menyarankan untuk rutin berolahraga, dan menerapkan pola makan yang terjadwal 3 kali sehari. Selain itu masyarakat diimbau untuk memperbaiki gaya hidup mereka, meningkatkan aktivitas fisik, dan meningkatkan konsumsi protein, buah, dan sayur.

Karena itu sebaiknya hindari makanan yang tidak menyehatkan, dan kurangi konsumsi gula, garam, lemak secara berlebihan. Lalu mulailah untuk rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga minimal 30 menit sehari agar dapat menjaga kesehatan tubuh secara lebih baik dan menghindari resiko terkena obesitas.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

(msa/red)

berat badan ideal

Gaya hidup

obesitas


Konten Sponsor

Populer

3 Hakim MK Dissenting Opinion untuk Putusan Sengketa Pilpres 2024, Apa Itu?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami