Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak Saat Berpidato

  • Firmansyah

    08 Jul 2022, 13:23 WIB

    Bagikan:

image

Shinzo Abe (AFP Photo)

jurnalistika.id – Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe ditembak saat berpidato di pinggir jalan Kota Nara, Jumat (8/7/2022) waktu setempat.

Pelaku yang belum diketahui identitas serta motifnya itu menembak dari belakang panggung tempat Shinzo Abe berpidato. Polisi langsung meringkus pelaku yang seorang pria tersebut.

Akibat iniden itu, dengan keadaan kritis, media NHK melaporkan polisi langsung mengevakuasi Abe ke Rumah Sakit rujukan di Tokyo menggunakan helikopter.

“Dikirim ke rumah sakit dan tampaknya tidak menunjukkan tanda-tanda vital setelah dilaporkan ditembak di kota Nara di Jepang barat, menurut pemadam kebakaran setempat,” tulis laporan itu.

Adapun video situasi setelah politikus berusia 67 tahun itu tertembak di bagian dada beredar di media sosial. Abe nampak tergeletak dengan berlumuran darah.

Dalam pidato tersebut, Abe sebetulnya sedang berkampanye untuk meminta warga mendukung politikus dari Partai Liberal Demokratik Jepang menjelang pemilu legislatif pada akhir pekan ini.

Abe menjabat sebagai perdana menteri Jepang selama dua kali periode pada 2006 hingga 2007. Kemudian berlanjut pada 2012 hingga 2020.

Shinzo Abe merupakan perdana menteri paling lama menjabat sepanjang sejarah Jepang modern.

Baca juga: Eksekutor Penembak Pegawai Dishub Makassar Ternyata Oknum Polisi

Ikuti berita pilihan jurnalistika.id setiap hari langsung ke ponsel di Grup Telegram “Sahabat Jurnalistika”. Mari bergabung dengan cara Klik link ini, kemudian join.

Jepang

kriminal

mantan PM jepang

Penembakan

shinzo abe