Jurnalistika
Loading...

5 Mitos Seputar Merawat Baterai HP, Kamu Pernah Percaya?

  • Jurnalistika

    18 Okt 2023 | 15:35 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi baterai HP. (Pixabay/StockSnap)

jurnalistika.id – Kamu mungkin pernah mempercayai beberapa informasi cara merawat baterai handphone (HP) yang ternyata merupakan mitos belaka. Bahkan mungkin tidak sedikit orang sudah rutin melakukannya sehari-hari karena ingin baterai HP-nya terawat.

Sebenarnya, hal wajar jika seseorang mempercayai beberapa mitos seputar merawat baterai HP tersebut. Karena, siapa pun pasti menginginkan gadget miliknya tetap awet, terutama dalam penggunaan daya.

5 Mitos Seputar Merawat Baterai HP

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah mitos atau miskonsepsi seputar merawat HP yang perlu kamu ketahui.

1. Mengisi Baterai HP Semalam Merusak Perangkat

HP dengan teknologi terbaru memiliki pengaturan pengisi daya, misalnya Overcharge Protection Circuit pada ponsel POCO. Tujuannya berguna untuk menghentikan pengisian daya secara otomatis ketika baterai sudah penuh.

Baca juga: 6 Fitur Tersembunyi di Android yang Jarang Digunakan

Namun, meski sekarang fitur baterai sudah semakin canggih, tetap disarankan untuk mengisi daya seperlunya. Supaya masa pakai ponsel lebih panjang dan membantu mengurangi konsumsi listrik.

2. Kuras Baterai Sampai Habis Baru Dicas untuk Perpanjang Masa Pakai

Bisa jadi kamu sudah pernah mendengar saran merawat HP seperti ini. Memang tidak sepenuhnya salah, tetapi ini hanya berlaku jika gadget milikmu masih menggunakan baterai dengan partikel nikel-kadmium pada tahun 80 hingga 90-an.

Baterai jenis ini dulunya digunakan untuk Sony camcorder atau Sega Games pada 1993. Pengguna baterai nikel-kadmium disarankan menguras baterai sampai habis terlebih dulu sebelum mengisi ulang, hanya saja cara ini sudah dianggap kuno sekarang. Pasalnya, dalam teknologi terbaru baterai yang tidak terpengaruh oleh aturan tersebut.

3. Baterai HP Baru Perlu Diisi Selama 7 Jam Sebelum Dipakai

Jika masih hidup di tahun 2000-an ketika ponsel baru mulai banyak di Indonesia, cara ini mungkin masih berlaku. Pengguna disarankan mengisi selama sekitar 7 jam jika baru membeli ponsel.

Dengan teknologi sekarang ungkapan tersebut sudah menjadi mitos. Faktanya pengguna bisa langsung menggunakan gadget baru selama masih ada daya.

4. Jangan Pakai HP Saat Masih Dicas

Banyak anggapan kalau HP akan cepat rusak dan bahkan bisa meledak ketika digunakan sambil dicas. Faktanya, smartphone keluaran terbaru banyak yang sudah diperbaharui keamanannya supaya selalu aman dipakai ketika sedang pengisian daya.

Selain itu, pada dasarnya HP sebenarnya tidak pernah berhenti bekerja sekalipun itu didiamkan ketika dicas. Karena banyak aplikasi background yang terus bekerja, termasuk saat ada notifikasi muncul.

Kendati demikian, menggunakan ponsel saat sedang dicas tidak disarankan karena mengurangi kecepatan pengisian ulang. Apalagi digunakannya sambil main game yang merupakan aktivitas penguras baterai paling banyak.

5. Kulkas Bisa Membuat Baterai Awet

Terakhir, kamu mungkin pernah mendengar saran agar usia baterai HP bisa lebih panjang bisa masukkan ke dalam kulkas. Pada kenyataannya saran itu hanyalah mitos, karena kondisi dingin tidak akan memberikan pengaruh apa pun.

Bahkan baterai lithium-ion bisa saja rusak jika di tempat yang sangat dingin. Suhu ruangan merupakan suhu paling optimal untuk baterai ponsel. Jadi, jangan lagi lakukan cara seperti ini.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

baterai HP

handphone

HP

HP Android

mitos baterai HP


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami