Jurnalistika

Viral Es Kebul Makan Korban, Benarkah Nitrogen Bahaya?

  • Anton Fathoni

    10 Jan 2023, 16:38 WIB

    Bagikan:

image

Foto: Es Ciki Ngebul yang mengeluarkan semacam asap saat dimakan. (dok: Rancah Post)

Jurnalistika.id – Belasan siswa SD di Tasikmalaya, Jawa Barat dilaporkan keracunan. Menurut dugaan, anak-anak itu keracunan setelah makan jajanan es kebul. Lantas apa itu es kebul, apa saja kandungan di dalamnya?

Es kebul atau dalam bahasa Inggris ice smoke merupakan jajanan sereal dengan tambahan nitrogen cair dalam penyajiannya. Ketika dimakan, anak-anak yang makan merasakan sensasi asap yang keluar dari makanan itu.

Asap itu berasal kandungan nitrogen cair. Bahan kimia inilah yang menyebabkan anak-anak tersebut mengalami sakit ringan seperti pusing, mual bahkan muntah. 

Ada Nitrogen dalam Es Kebul

Nitrogen yang memiliki rumus kimia N2 adalah bahan kimia yang berfasa gas pada suhu ruangan. Namun apabila tekanannya naik, maka nitrogen akan berubah menjadi fasa cair.

Nah, nitrogen cair inilah yang menjadi bahan tambahan ice smoke. Titik beku Nitrogen sangat rendah bahkan lebih rendah dari pada air sehingga menyebabkan nitrogen cair ini sangat dingin. Karena sangat dingin dapat mengiritasi kulit.

Fungsi nitrogen

Pada umumnya, nitrogen digunakan dalam berbagai bidang, seperti pengawet spesimen dalam bidang kedokteran.

Sementara sebagai bahan makanan, Nitrogen digunakan dalam proses pembekuan es krim. Meski demikian, penggunaan Nitrogen untuk membuat es krim harus dalam jumlah proporsional. Karena apabila dalam takaran tidak pas, maka akan berbahaya.

Dampak Nitrogen bagi tubuh

Sebenarnya nitrogen tidak beracun dan berbahaya. Akan tetapi karena suhu yang sangat dingin, jika terkena kulit akan menyebabkan sensasi terbakar (cold burn).

Sensasi terbakar itu akan membuat kerusakan kulit tenggorokan bahkan merusak organ dalam bagi siapa saja yang mengonsumsinya.

Hal ini dapat saja terjadi apabila penggunaan nitrogen tidak tepat. Dengan kata lain, sering mengonsumsi makanan yang mengandung nitrogen seperti es kebul ini.

Baca berita lainnya di Google News, klik di sini.

Penulis: Anton Fathoni (Internship)

es kebul

es ngebul

keracunan

makanan viral

nitrogen


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami