Jurnalistika
Loading...

Ngabuburit di Kota Tua Jakarta? Ini Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan

  • Inas Nasihah

    08 Apr 2023 | 14:15 WIB

    Bagikan:

image

Salah satu kegiatan seru saat Ngabuburit di Kota Tua Jakarta. (Instagram @kotatuajakartaid)

jurnalistika.id – Di Indonesia, tradisi berbuka puasa atau ngabuburit telah menjadi bagian dari kebudayaan lokal yang dijalankan oleh masyarakat, termasuk di kota Tua Jakarta.

Kota Tua Jakarta, juga dikenal sebagai Batavia pada masa penjajahan Belanda, dulunya merupakan pusat pemerintahan dan perdagangan. Kawasan ini merupakan pusat aktivitas ekonomi dan politik pada masa itu, dan menjadi pusat perdagangan rempah-rempah di Asia Tenggara.

Di kawasan ini terdapat banyak bangunan bersejarah, seperti museum, kantor pemerintahan, rumah-rumah peninggalan kolonial, dan bangunan-bangunan peninggalan Belanda lainnya.

Saat ini, Kota Tua Jakarta menjadi destinasi wisata sejarah yang populer dan cocok menjadi tempat ngabuburit. Banyak tempat menarik untuk dikunjungi, seperti museum, kafe, dan toko-toko souvenir yang menjual barang-barang khas Jakarta dan Indonesia.

Kegiatan Seru Ngabuburit yang Bisa Dilakukan di Kota Tua Jakarta

Salah satu tempat yang bisa menjadi destinasi ngabuburit yang menarik adalah Kota Tua Jakarta. Kawasan ini memiliki sejarah panjang sebagai pusat perdagangan dan pemerintahan di masa lalu. Saat ini, Kota Tua menjadi tempat yang cocok untuk menikmati suasana Ramadhan yang khas Jakarta.

Berburu Kuliner

Di Kota Tua, Anda bisa menemukan berbagai macam kuliner khas Ramadhan yang dijual di sepanjang jalan. Mulai dari takjil, makanan berat, hingga aneka minuman segar bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati suasana pedesaan yang berbeda dari kawasan perkotaan Jakarta. Di malam hari, Kota Tua menjadi lebih hidup dengan adanya berbagai pertunjukan seni dan musik yang diadakan di sepanjang jalan. Mulai dari penampilan musik tradisional, tari-tarian, hingga pertunjukan sulap bisa Anda saksikan.

Melihat Pertunjukan Seni dan Bangunan Bersejarah

Tentunya, suasana yang ramai dan meriah akan membuat ngabuburit Anda semakin berkesan. Selain kuliner dan pertunjukan seni, di Kota Tua juga terdapat berbagai bangunan bersejarah yang bisa menjadi tempat berwisata sekaligus mengenang sejarah Indonesia.

Anda bisa mengunjungi Museum Fatahillah yang terkenal dengan bangunan bergaya arsitektur Belanda, atau berkunjung ke Gereja Blenduk yang merupakan salah satu gereja tertua di Jakarta.

Kota Tua Jakarta merupakan salah satu tempat yang sangat menarik untuk dijadikan tempat ngabuburit. Dengan suasana yang sejuk dan kental dengan nuansa sejarah, kawasan ini menjadi tempat yang cocok untuk bersantai dan menikmati hidangan khas Ramadhan bersama keluarga dan teman-teman.

Ga Perlu Khawatir Saat Tiba Waktu Berbuka

Selain itu, di Kota Tua Jakarta terdapat banyak warung makan dan pedagang kaki lima yang menyajikan kuliner khas Jakarta dan Indonesia yang cocok untuk berbuka puasa. Anda bisa mencoba berbagai macam hidangan seperti nasi goreng, sate, ketoprak, soto, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, di Kota Tua Jakarta juga terdapat berbagai macam hiburan dan kegiatan yang bisa Anda nikmati. Misalnya pentas seni, pameran, dan acara musik.

Namun, di samping keindahan dan keberagaman yang ditawarkan, ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti kebersihan dan keamanan. Pastikan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dan menjaga kebersihan lingkungan agar tetap bersih dan nyaman untuk dinikmati bersama.

Dengan demikian, Kota Tua Jakarta bisa menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati momen Ramadhan dengan bahagia dan ketenangan di hati. Tentunya sambil menikmati keindahan sejarah dan kebudayaan Jakarta.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Kontributor: Inas

Kota Tua Jakarta

Ngabuburit

wisata jakarta

wisata sejarah


Populer

3 Hakim MK Dissenting Opinion untuk Putusan Sengketa Pilpres 2024, Apa Itu?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami