Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Jika Dikonsumi di Waktu yang Salah, Ternyata Minum Kopi Merugikan

  • Firmansyah

    20 Jun 2022, 21:38 WIB

    Bagikan:

image

Waktu dan Kondisi terburuk yang harus dihindari. (Foto: Shutter Stock)

jurnalistika.id – Bagi sebagian orang, kopi bukan sekedar minuman berkafein yang membantu menjaga kemampuan konsentrasi. Lebih dari itu, minum kopi seakan menjadi teman dalam berbagai kesempatan, seperti saat kerja, hang out, atau pilihan saat begadang.

Bukan tanpa alasan jika kopi menjadi pilihan minuman untuk menemani banyak orang dalam berbagai momen. Selain bermanfaat untuk melatih fokus, kopi juga berkhasiat untuk membantu kita terjaga, meningkatkan produktivitas, dan melancarkan pencernaan.

Tak hanya itu, kopi juga memiliki khasiat menjadi minuman antiperadangan.

Baca juga: Ini Beneran, Kesukaan dan Selera Kopi Kamu Itu Ternyata Genetis Loh

Ahli Gizi Sharon Katzman bahkan menyebutkan, ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa kopi dapat mencegah demensia (mudah lupa).

Namun, di balik sederet manfaatnya itu, ada saat dan waktu di mana kopi dapat merugikan, misalnya saat perut dalam keadaan kosong, atau pada waktu yang ga tepat.

Waktu Terburuk Minum Kopi

Waktu Terburuk Minum Kopi
Ilustrasi jam mengkonsumsi kopi. Foto: Shutterstock

Kepada Eat This, Ahli Gizi Sharon Katzman menyebutkan beberapa kondisi dan waktu yang salah untuk menikmati kopi, berikut di antaranya waktu terburuk minum kopi.

1. Minum Kopi di Tengah Hari

Menikmati kopi dingin atau Cold Brew di siang hari atau setelah lewat jam 12 siang mungkin sudah menjadi kebiasaan banyak orang.

Tetapi tingginya kafein untuk membuat cold brew daripada membuat kopi panas akan membuat Kamu susah tidur di sore hari.

Baca juga: Simak Fakta Menarik Cold Brew, Menu Kopi Hits yang Lagi Hip

Untuk itu, ia menyarankan agar minum kopi dingin sebelum jam 12 siang.

2. Minum lebih dari dua gelas sehari

Segala yang berlebihan memang tidak baik. Begitu pun dengan minum kopi.

Karena itu Katzman memberikan batas meminum dua cangkir kopi setiap harinya. Jika lebih dari itu, menurutnya, kopi bisa membuat kita dehidrasi yang dapat merusak kesehatan.

3. Saat perut kosong belum makan apa pun

Katzman mengingatkan bahwa kopi sangat asam, sehingga apabila kamu mengkonsumsinya saat perut kosong akan menimbulkan dampak tidak nyaman.

Selain itu, kata dia, keasaman pada kopi dapat menimbulkan mulas, masalah pencernaan, dan sakit perut.

Namun begitu, ada cara lain agar kamu bisa tetap menyeruput kopi di pagi hari, yaitu dengan menambahkan susu atau minum kopi dingin karena rasanya tidak sepahit kopi murni.

4. Ketika kolesterol tinggi

Sebenarnya saat kolesterol tinggi bukan berarti harus berhenti total minum kopi, yang harus kamu lakukan hanya memperhatikan cara penyeduhannya.

Misalnya kamu bisa mengonsumsi kopi yang sudah melalui proses filter daripada kopi tubruk.

5. Minum kopi setiap hari

Ahli Diet, Ella Davar menyatakan bahwa kopi memang menjadi candu. Ia menyarankan kita untuk ‘mengistirahatkan’ tubuh dari kopi yang memiliki efek langsung dalam peningkatan energi.

Hal itu, jelas Davar, berpengaruh pada hormon perangsang seperti adrenalin, yang jika terus-menerus dilakukan akan membuat tubuh kelelahan.

Baca juga: Ketahui 9 Khasiat Teh Hijau serta Waktu yang Tepat Mengonsumsinya

Dia merekomendasikan batas ideal kita mengkonsumsi kopi yaitu 4-5 gelas dalam seminggu. Selebihnya ia menyarankan untuk menggantinya dengan teh hijau yang juga memiliki kafein alami.

Baca berita dan informasi menarik lainnya di Google News

(fsy)

enak bener

Gaya hidup

jam minum kopi

Kopi

minuman