Jurnalistika

Mengenal Kouign Amann, Croissant Kreasi Patissier Perancis

  • Dena R

    22 Jan 2022, 12:15 WIB

    Bagikan:

image

Kouign Amann (c) BBC.uk

jurnalistika.id – Kalau Kamu belum pernah mendengar nama Kouign Amann sebelumnya, tenang, Kamu nggak sendirian! Kouign Amann adalah salah satu dari banyak jenis pastry asal Perancis. Konon, pastry satu ini berasal dari kota di Bretagne.

Mungkin Kamu lebih familiar dengan Croissant ketimbang Kouign Amann. Namun keduanya sama-sama membutuhkan teknik yang nggak mudah, lho. Selama berabad-abad, teknik membuat pastry terus berkembang dan disempurnakan.

Di Perancis khususnya, para patissier sangat menonjol. Bahkan di sana ada kompetisi tahunan yang terkenal. Para koki pastry bersaing dalam membuat pastry-pastry rumit dalam kompetisi tersebut.

Nah, status ini pula yang mungkin membantu para koki pastry dalam mengembangkan pastry-pastry yang rumit dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam pembuatannya. Ini membawa kita kepada Kouign Amann.

Asal Usul Kougin Amann

Kouign Amann adalah salah satu pastry yang berasal dari daerah bernama Breton di Perancis. Secara Bahasa, Kougin Amann berarti ‘’kue mentega’’ dalam Bahasa Breton. penganan memiliki banyak kesamaan dengan Croissant.

Baca ini juga: Asal Mula Pastry : Sisa Adonan yang Menempati Tangga Teratas Penganan

Mereka menggunakan prinsip karamelisasi yang mungkin digunakan kala itu untuk membuat crème brulee.

Ciri Khas dan Karakteristik

kouign amann
(c) Allrecipes.com

Banyaknya jumlah mentega yang digunakan untuk membuat pastry ini menjadikannya khas. Meskipun kala itu mentega terbilang mahal di sebagian besar Eropa Utara, wilayah Bretagne dikenal dengan produksi menteganya.

Bisa jadi, karena inilah orang-orang di wilayah ini dapat membuat hidangan yang luar biasa ini.

Perjalanan Kouign Amann

Dalam kurun 20 tahun terakhir atau lebih, Pastry ini telah menyebar jauh ke wilayah Bretagne di Perancis, dan toko kue di seluruh dunia pun menjualnya.

Kendati demikian, penganan ini tetap merupakan hidangan istimewa dan eksklusif. Gula akan ditambahkan menjelang akhir proses pembuatan. Jika tidak, maka akan ‘’mengganggu’’ lapisan-lapisan pastry.

Jadi, Apa itu Kouign Amann?

Kougin Amann adalah pastry berlapis-lapis yang terbuat dari mentega, teknik membuatnya serupa dengan Croissant. Karakteristik khusus dari pastry ini adalah terdapat banyak gula di dalam dan di bagian atasnya (berkaramel). Jadi penganan ini sangat puffy dan cenderung manis.

Nah itu dia sekilas tentang salah satu pastry asal Perancis yang cocok buat Kamu para pecinta manis khususnya. Bisa menjadi teman ngopi atau ngeteh mu.

Buat Kamu yang mau coba, nggak perlu jauh-jauh ke Perancis kok  belinya, kini beberapa kedai penujal pastry di Jakarta khususnya, sudah menyediakan Kouign Amann, lho.

Gimana, tertarik mencoba?

food

Kouign Amann

kue

Makanan Khas

pastry


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami