Jurnalistika

Kue Delapan Jam, Kuliner Khas Palembang Kudapan Bangsawan

  • Dena R

    30 Jan 2022, 21:12 WIB

    Bagikan:

image

(c) makanabis

jurnalistika.id – Nggak kok, Kamu nggak salah baca. Namanya memang kue Delapan Jam, hehe. Kue ini merupakan penganan khas Palembang, Sumatera Selatan.

Mengapa mereka menamakannya demikian? Karena mereka membutuhkan waktu delapan jam untuk membuat kue ini! Iya, beneran kayak durasi kerja di kantor.

Penasaran? Yukk simak ulasan jurnalistika.id kali ini tentang kue Delapan Jam.

Asal-Usul Nama Kue Delapan Jam

Nggak cuma punya pempek yang gurih, Palembang juga punya yang manis-manis nih, namanya kue Delapan Jam.

Masyarakat setempat menamakan demikian karena memang proses inti pembuatannya memakan waktu delapan jam alias setengah hari lebih!

Proses pembuatan yang cukup lama inilah yang membuat kue Delapan Jam memiliki tekstur yang lembut.

Sejarah Kue Delapan Jam khas Palembang

Konon pada zaman dahulu, nggak semua orang boleh memakan kue Delapan Jam, lho. Hanya orang-orang khusus seperti bangsawan kesultanan Palembang yang boleh menikmatinya.

Tapi tenang, aturan ini udah nggak berlaku kok. Kamu bisa mencicipi kue Delapan Jam meskipun bukan keluarga sultan Palembang, hehe.

Popularitas Kue Delapan Jam

Karena proses pembuatannya nggak sebentar, masyarakat setempat biasanya hanya membuat kue ini pada momen-momen tertentu aja seperti Hari Raya.

Dewasa ini mungkin ada sebagian produsen yang membuatnya di luar Hari Raya, seperti industri rumahan misalnya.

Jadi kalau Kamu penasaran pingin mencicipi kue ini langsung di Palembang, mungkin harus ekstra sabar dalam menelusuri jejaknya ya, hehe.

Yuk Buat Kue Delapan Jam di Rumah!

Yah daripada kan Kamu jauh-jauh ke Palembang buat nyicipin, mending buat sendiri di rumah, yuk! Bahan-bahannya sederhana kok. Tapi pastiin dulu gas di rumahmu masih banyak ya, hehe.

Mari kita buat!

Bahan-bahan untuk membuat Kue Delapam Jam Khas Palembang :

  • Telur ayam 25 butir
  • Margarin (bukan mentega yaa) 250 gram
  • Tepung terigu 50 gram
  • Vanili (ukurannya sesuai selera, tapi jangan kebanyakan ya)
  • Susu kental manis
  • Gula pasir 100 gram

Alat-alat yang Kamu perlukan :

  • Mixer
  • Loyang kue ukuran besar
  • Oven (oven tangkring juga boleh)
  • Kukusan

Cara membuat Kue Delapan Jam:

  1. Masukkan margarin dan gula pasir ke dalam mangkok mixer, lalu kocok. Setelah agak rata, masukkan telur, kocok kembali sampai rata.
  2. Jika sudah rata, masukkan tepung terigu  perlahan-lahan, vanili dan susu kental manis, aduk kembali hingga rata.
  3. Setelah tercampur semua, tuang adonan ke dalam loyang. Pastikan Kamu sudah mengolesi loyang dengan margarin agar tidak lengket ya, lalu ukus selama delapan jam.
  4. Setelah kue matang di kukusan, pindahan ke oven. Panggang selama 15 menit dengan suhu 120 derajat. Pastikan Kamu sudah memanaskan oven sebelumnya ya.
  5. Voila! Kue Delapan Jam buatanmu sudah jadi!

Gimana, Kamu tertarik membuat nggak? Hehe. Dari bahan-bahannya, sudah terbayang ya cita rasa Kue Delapan Jam ini. Manis gurih dengan tekstur lembut. Cocok banget buat nemenin Kamu ngopi atau ngeteh.

Tapi bagi Kamu yang punya masalah kesehatan khususnya, jangan makan kue ini banyak-banyak ya, mengingat kue ini mengandung telur, margarin, gula pasir, ditambah lagi dengan susu kental manis dalam jumlah yang nggak sedikit.

Dan bagi Kamu yang bukan sweet tooth, mungkin nggak cocok dengan kue ini.

Terlepas dari itu semua, unik banget ya kudapan khas Palembang ini. Bisa Kamu buat nih saat ada acara keluarga. Selamat mencoba!

Baca juga:

kue delapan jam

kue lapan jam

Makanan Khas

makanan khas palembang

Palembang


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami