Jurnalistika
Loading...

Kue Bingka, Si Legit khas Banjarmasin Warisan Sultan Daha

  • Dena R

    24 Feb 2022 | 07:57 WIB

    Bagikan:

image

Foto kue bingka khas Banjarmasin. ()

jurnalistika.id – Selain yang gurih asin, Banjarmasin juga punya yang manis-manis buat nemenin Kamu ngeteh lho, namanya kue Bingka. Si cantik berbentuk kembang ini termasuk salah satu penganan yang paling populer di Banjarmasin. Teksturnya yang padat dan lembut, berpadu dengan cita rasa manis, membuat kue ini menjadi favorit banyak orang.

Seperti apa sih kue Bingka dan bagaimana sejarah munculnya kue Bingka? Yuk mari kita kenalan!

Baca juga: Saus Mentai, Sambal Ala Jepang Kekinian yang Lagi Viral

Kue Nenek Moyang Sultan

Konon, yang pertama membuat kue ini adalah Putri Junjung Buih, salah satu putri di Kerajaan Daha. Sehingga resep kue bingka ini merupakan resep yang turun-temurun sejak zaman itu.

Putri Junjung Buih sendiri merupakan bagian dari nenek moyang Sultan Suriansyah yang merupakan raja di Kerajaan Banjar. Kala itu, hanya anggota kerajaan sajalah yang bisa menikmat kue Bingka.

Tapi tenang, sekarag Kamu yang bukan anggota kerajaan juga bisa makan kue Bingka kok, hehe.

Rasa manis pada kue Bingka konon memiliki filosofi tersendiri, yakni berangkat dari kebutuhan masyakarakat Banjar akan asupan energi tambahan.

Kala itu sebagian besar masyarakat Banjar berprofesi sebagai petani. Inilah mengapa kue Bingka menjadi favorit masyarakat Banjar.

Baca juga: Kue Maksuba Khas Palembang, Sejarah hingga Resep dan Cara Buatnya

Kue Bingka Khas Banjarmasin Jadi Jajanan Favorit di Bulan Puasa

Kala bulan Ramadan tiba, kue Bingka langsung menjadi kudapan buka puasa yang paling banyak penggemarnya lho. Rasanya yang manis cocok untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

Para produsen kue Bingka membuat kue ini dengan menggunakan tiga bahan utama, yakni kentang, telur bebek dan santan kelapa.  Inilah yang membuat tekstur bingka lembut, padat dan sedikit berminyak.

Setelah adonan jadi, lalu dipanggang dengan menggunakan oven.

Karena berbahan dasar kentang, maka rasa dominan pada kue Bingka ini adalah kentang. Namun dewasa ini Kamu juga bisa menemukan Bingka dengan tambahan rasa baru seperti pandan, keju, kismis, nangka, ubi hingga tape.

Nah itu dia sekilas tentang kue Bingka khas Banjarmasin. Kalau Kamu penasaran coba, nggak perlu jauh-jauh ke Banjarmasin kok. Sekarang sudah banyak lho yang menjual kue Bingka di sekitarmu, Kamu bisa dengan mudah membelinya, termasuk secara online.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Banjarmasin

Kue Bingka

kue bingka khas Banjarmasin

Makanan Khas

Makanan Khas Banjarmasin


Populer

Secanggih Apa Starlink Milik Elon Musk yang Akan Diuji Coba di IKN?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami