Jurnalistika
Loading...

Jarang Diketahui, Ternyata ini Alasan Ketupat Jadi Makanan Khas Lebaran

  • Dea Sunara

    12 Apr 2023 | 15:15 WIB

    Bagikan:

image

Ketupat menjadi makanan yang identik dengan Lebaran. (Pixabay/andryhariana)

jurnalistika.id – Setiap momen Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri hampir pasti selalu ada menu makanan ketupat di meja. Hal ini lantaran makanan tersebut sudah menjadi hidangan khas setiap menyambut hari spesial bagi umat Islam itu.

Lebaran adalah hari yang sangat penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Sebab akan menjadi peringatan hari kemenangan setelah berpuasa selama sebulan penuh pada bulan Ramadan.

Selama Lebaran, ada banyak tradisi dan kebiasaan yang dilakukan oleh umat Muslim. Salah satunya menyajikan makanan khas Lebaran seperti ketupat.

Baca juga: Bosan Dengan Menu Bersantan ala Lebaran? Coba deh 5 Makanan Ini

Makanan khas Indonesia ini terbuat dari nasi yang dikukus dalam anyaman daun kelapa. Biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti opor ayam, rendang, atau sambal goreng. Tapi tahukah kamu mengapa ketupat menjadi makanan yang identik dengan Lebaran?

Alasan Ketupat Jadi Makanan Khas Lebaran

Salah satu alasan mengapa makanan dengan balutan daun warna kuning ini menjadi makanan yang identik dengan Lebaran adalah karena mudah disimpan dan awet sehingga dapat disajikan selama beberapa hari. Selain itu, dianggap juga sebagai simbol kesederhanaan dan kerendahan hati, yang merupakan nilai-nilai penting dalam agama Islam.

Selain alasan tersebut, ada juga sejarah lain di balik tradisi menyajikan ketupat pada Lebaran. Pada masa lalu, hidangan itu digunakan sebagai makanan yang mudah dibawa dalam perjalanan jauh.

Kala itu, umat Islam sering melakukan perjalanan jauh untuk berkunjung ke rumah sanak keluarga pada saat Lebaran. Karenanya, ia menjadi makanan yang paling praktis dan mudah dibawa serta disajikan dalam jumlah besar.

Tak hanya itu, ketupat juga diyakini memiliki makna simbolis dalam agama Islam. Hal itu lantaran bentuknya menyerupai segitiga dengan sudut-sudutnya melambangkan tiga konsep penting dalam agama Islam, yaitu kesatuan Tuhan, kesatuan umat manusia, dan kesatuan antara manusia dengan alam.

Di Indonesia, tradisi menyajikan ketupat pada Lebaran telah berlangsung selama berabad-abad. Bahkan sudah menjadi bagian dari identitas budaya Indonesia dan menjadi salah satu ikon kuliner yang dikenal di seluruh dunia.

Maka dari itu ketupat menjadi makanan yang identik dengan Lebaran karena alasan praktis dalam penyimpanan dan kebiasaan pada masa lalu untuk dibawa dalam perjalanan jauh. Kemudian, ketupat juga memiliki makna simbolis dalam agama Islam dan menjadi bagian dari identitas budaya Indonesia.

Maka tak heran umat Islam merasa tak lengkap merayakan Lebaran tanpa menyajikan ketupat sebagai makanan khas yang wajib ada di meja saat berkumpul dengan keluarga dan kerabat.

Baca dan Ikuti jurnalistika di Google News klik di Sini.

Kontributor: Dea

ketupat

lebaran


Populer

Secanggih Apa Starlink Milik Elon Musk yang Akan Diuji Coba di IKN?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami