Senin, 24 Januari 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika
Jurnalistika

Ini Lho Arti Ragam Label Kedaluwarsa Pada Kemasan Makanan

  • Dena R

    02 Jan 2022, 16:00 WIB

    Bagikan:

<p>(C) Euronews</p>

(C) Euronews

jurnalistika.id – Saat menemukan label kedaluwarsa seperti ‘expiry date’ atau ‘best before’ pada kemasan makanan dan minuman, apa yang ada dalam benak Anda? Jika tanggal dan tahun telah lewat, apakah Anda langsung membuangnya?

Jika ya, tunggu dulu. Sudahkah kita benar-benar mengetahui apa yang dimaksud dengan ‘best before’ atau ‘expiry date’ pada kemasan makanan? Apakah kita harus membuang makanan dan minuman setelah tanggalnya lewat? Ternyata, mungkin seharusnya kita tidak langsung membuangnya.

(C) Unsplash

Mari simak penjelasan dari Dr. Sylvain Charlebois, professor dan direktur ilmiah di Dalhousie University mengenai label kedaluwarsa “best before” dan “expiry date” pada kemasan makanan dan minuman yang berlaku di Kanada.

Apa bedanya “best before” dan “expiry date”? bukankah mereka sama saja?

Mereka tidak sama. Best before adalah indikator kualitas. Ini menunjukkan rasa, kesegaran produk, nilai gizi atau apapun yang diklaim pada kemasan bahwa itu harus dipertahankan, jika produk ditangani dengan benar. Best before hanya berlaku untuk produk yang “awet”, belum dibuka dan pada dasarnya ini menginformasikan pada konsumen bahwa makanan atau minuman akan mempertahankan kualitasnya hingga tanggal yang tercantum.

Produk yang memiliki tanda best before biasanya paling sering didiskon. Sedangkan expiry date, menunjukkan kapan suatu produk tidak boleh dijual, dibeli atau dikonsumsi. Produk harus dibuang begitu saja jika tanggal kadaluwarsa telah lewat.”, jelas Dr. Charlebois.

Apakah ada tanda lain yang serupa?

Ada beberapa jenis label tanggal lain seperti tanggal ‘dijual sebelum, ‘disiapkan’, ‘dibekukan’, dan ‘diproduksi pada’. Jenis label tanggak ini bersifat sukarela, artinya dapat dipasang pada bungkus makanan atau minuman selama tidak membingungkan konsumen dan memenuhi persyaratan pelabelan.”, lanjut Dr. Charlebois.

Apakah label tanggal pada tiap produk produk berbeda? Dan siapa atau apa yang menentukan?

Dr. Charlebois : “Sesuai dengan aturan pelabelan, produsen makanan atau pengecer akan menentukan apakah produk tersebut memiliki tanggal best before dalam kurun waktu 90 hari atau kurang. Produsen juga dapat menyatakan istilah seperti ‘digunakan oleh’, daripada ‘best before’.

Mereka menentukan tanggal ini berdasarkan jenis produk, bagaimana produk diproses, dikemas dan disimpan, serta berapa lama produk akan mempertahankan rasa, kesegaran, nilai gizi atau kualitas lainnya jika dibiarkan dalam keadaan belum dibuka.

Jika makanan memiliki masa simpan lebih dari 90 hari, maka tidak harus diberi label ‘best before’ atau informasi apapun terkait penyimpanan. Makanan ini biasanya kalengan, atau kering (seperti pasta), atau makanan beku.’, tambah Dr. Charlebois.

Siapa yang menetapkan berapa lama produk makanan bertahan?

Dr. Charlebois : “’best before’ produk makanan tidak diatur dalam regulasi, itu kembali kepada produsen makanan untuk memutuskan.

Meskipun, Health Canada memang memiliki peraturan terkait keamanan dan kualitas nutrisi makanan yang dijual di Kanada.

Badan Inspeksi Makanan Kanada bertanggung jawab untuk memeriksa makanan dan menegakkan aturan ini untuk memastikan bahwa semua makanan yang dijual di Kanada aman.

Jika makanan / minuman masih terlihat dan berbau segar setelah tanggal lewat, amankah dikonsumsi?

Makanan yang melewati tanggal kadaluwarsa (expiry date) sama sekali tidak aman untuk dimakan. Tidak seperti tanggal kedaluwarsa, produk masih aman dikonsumsi bahkan setelah tanggal ‘best before’ berlalu. ‘best before’ tidak menunjukkan keamanan pangan.

Namun, makanan tersebut mungkin kehilangan sebagian kesegarannya dan bahkan sebagian dari nilai gizi dan rasanya mungkin hilang.

Terlepas dari semua ini, konsumen harus mempercayai indra mereka. Jika ragu, buang saja. Juga, dengan sistem kekebalan yang terganggu.

Anda juga tidak boleh mengambil risiko. ‘Manajer’ risiko terpenting di seluruh rantai makanan adalah konsumen. Lakukan tindakan pencegahan yang tepat.”

Seperti apa tampilan label kedaluwarsa agar kita dapat mengenalinya saat berbelanja?

Dr. Charlebois melanjutkan, Tantangannya adalah tanggal ‘best before’ dapat muncul di mana saja pada kemasan, jadi konsumen perlu mencarinya. Tapi, tanggal ‘best before’ harus selalu muncul dengan kata-kata ‘best before’ (baik sebelum). Bulan dan hari harus selalu tertera pada label, tetapi tahun tidak harus disebutkan, sehingga konsumen harus berhati-hati.

Jika tahun dicantumkan, tahun harus ditulis di depan, lalu diikuti bulan lalu hari. Bulan harus muncul dalam Bahasa Inggris dan Prancis, atau harus ditunjukkan dengan symbol dwibahasa tertentu. Contohnya, jika tanggal kadaluwarsa adalah 13 April 2019, maka akan muncul pada label sebagai ’19 AL 13’ atau ‘AL 13’.

Beberapa produk tahan lama seperti madu atau gula, atau makanan kaleng dan kering, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, mungkin tidak memiliki label tersebut.

Ada juga makanan tertentu yang dikecualikan dari persyaratan untuk memiliki label ‘best before’, termasuk buah dan sayuran segar dalam kemasan, porsi individu dalam kemasan (seperti yang disajikan oleh maskapai penerbangan), porsi individu dalam kemasan yang dijual di mesin penjual otomatis, serta donat dalam kemasan.

Itu dia penjelasan mengenai pengertian tanggal ‘best before’ atau ‘baik sebelum’ dan ‘expiry date’ atau ‘tanggal kadaluwarsa’ pada kemasan makanan atau minuman.

Intinya, kita masih bisa mengonsumsi makanan dan minuman walaupun telah lewat dari tanggal ‘best before’. Dengan catatan, mungkin kualitasnya sudah menurun.

Sedangkan makanan dan minuman yang telah lewat dari tanggal kedaluwarsa (expiry date),sama sekali TIDAK BOLEH kita konsumsi.

Namun apapun keadaannya, gunakan indra kita untuk memutuskan. Jika ragu, buanglah. Jangan mempertaruhkan kesehatan kita demi sekaleng makanan yang mungkin tak lagi layak konsumsi.

Baca juga:

Best Before

expired date

label kedaluwarsa

Label makanan


Rekomendasi

Populer

Mencermati Komitmen Pemerintah Menjawab Tantangan Fiskal 2022