Jurnalistika
Loading...

Estimasi Biaya, Rute, dan Daya Tarik Pulau Merak Kecil Cilegon Banten

  • Jurnalistika

    29 Des 2023 | 14:15 WIB

    Bagikan:

image

Pantai Merak Kecil Cilegon Banten. (Dok. Istimewa)

jurnalistika.id – Pulau Merak Kecil Cilegon adalah tempat wisata yang cocok untuk direkomendasikan kepada keluarga, teman, maupun pasangan untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun. Namun, sebelum memutuskan datang ke tempat ini ketahui dulu estimasi biaya, rute dan daya tariknya.

Pulau Merak Kecil tepatnya terletak di Desa Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten. Menuju ke kawasan rekreasi ini terbilang mudah diakses, karena bisa dijangkau oleh beberapa kendaraan umum.

Langsung saja simak rute, estimasi biaya, dan daya tarik Pulau Merak Kecil Cilegon Banten berikut.

Rute Menuju Pulau Merak Kecil

Buat wisatawan dari arah Jakarta, Tangerang, Bogor, dan sekitarnya bisa memanfaatkan KRL Commuter Line dari stasiun terdekat dengan tujuan ke Rangkasbitung. Selanjutnya, diharuskan transit naik Kereta Api (KA) Lokal menuju Stasiun Merak.

Setelah sekitar 1 jam 50 menit berada di KA Lokal nanti akan tiba di Merak. Dari sini baru lanjut jalan kaki keluar menuju ujung gerbang stasiun sekitar 500 meter.

Baca juga: Curug Pelangi Cimahi: Daya Tarik, Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Masuk

Jika sudah sampai baru melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan kota (angkot) berwarna merah. Jangan lupa bilang kepada sopirnya hendak menuju ke Pulau Merak Kecil, jika tidak ada perubahan tarif biasanya akan dikenakan ongkos sebesar Rp5000 per orang.

Namun, belum cukup sampai situ. Angkot nantinya hanya bisa mengantar sampai lokasi penyeberangan. Makanya wisatawan masih dikenakan biaya menyeberang sekitar Rp15.000 per orang untuk pulang pergi (PP).

Setibanya di Pulau Merak Kecil pengunjung akan dikenakan biaya retribusi mulai Rp2000 per orang sebelum menjelajahi pulau. Namun, disarankan agar datang pada saat waktu kapal motor penyeberangan beroperasi, yakni di antara jam 07.00 WIB – 17.30 WIB.

Sementara buat wisatawan yang ingin datang menggunakan kendaraan pribadi, bisa memanfaatkan aplikasi navigasi di smartphone. Tinggal mengetik nama tempat, nanti jika sudah dekat bisa bertanya kepada masyarakat setempat apabila ragu, patokannya adalah Prabu Service Mooring Boat.

Estimasi Biaya

Biaya Ongkos dan Keperluan Perjalanan Lainnya

Seperti dijelaskan, jika ingin menggunakan transportasi umum maka dikenakan biaya tarif yang berbeda-beda. Misalnya dari stasiun Tanah Abang ke Rangkasbitung ditarif Rp8.000 per orang. Sementara dari KA Lokal menuju Stasiun Merak dikenakan Rp3.000 per orang.

Biaya selanjutnya ditambah ongkos angkot Rp5000, biaya penyeberangan Rp15.000 per orang, dan retribusi Rp2.000 per orang. Untuk biaya lainnya, misalnya ingin menyewa tikar di lokasi disediakan dengan harga Rp20.000.

Baca juga: Rute dan Estimasi Biaya ke Pantai Pasir Putih Florida Anyer 2023

Adapun buat estimasi ongkos perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, bisa bervariasi. Tergantung dengan jenis kendaraan yang digunakan, apakah boros atau tidak. Namun, disarankan menyediakan uang cukup.

Estimasi Pengeluaran untuk Penginapan

Pengeluaran untuk menyewa penginapan tergantung pada tipe kamar yang dipilih, karena di Pulau Merak Kecil terdapat banyak penginapan dengan harga berbeda-beda. Tentu saja kualitasnya juga dibedakan dari harganya.

Namun, buat yang tidak ingin terlalu boros untuk pengeluaran penginapan masih ada harga di sekitar Rp250.000-an sampai Rp500.000-an. Usahakan membooking terlebih dahulu agar tidak kehabisan kamar.

Pengeluaran Menikmati Wahana di Pantai Merak Kecil

Ada beberapa wahana yang bisa dinikmati di Pantai Merak Kecil Cilegon Banten. Paling populer adalah naik speedboat dengan tarif mulai Rp30.00 per orang. Kemudian selain tikar yang disebutkan tadi, ada juga ayunan pantai seharga Rp20.000.

Baca juga: 5 Pantai Indah di Ujung Genteng, Rekomendasi Tempat Wisata di Musim Liburan

Sementara untuk pengeluaran biaya makanan, di Pantai Merak Kecil masih terbilang murah. Dengan kata lain, duit Rp50.000 masih bisa menikmati makanan berdua, tergantung makanan yang dipilih.

Daya Tarik

Daya Tarik dari Pulau Merak Kecil Cilegon beragam, mulai dari menikmati sunset yang indah pada sore hari, berkemah seru barang keluarga, teman, dan pasangan, hingga berenang di sekitar pantai. Kemudian tidak lupa juga pemandangan di sekitar tempat wisata ini yang sangat memanjakan mata.

Wisatawan juga bisa menikmati beberapa wahana yang ada, dan berkeliling di sekitar pantai menikmati telapak kaki menginjak pasir yang memiliki daya tarik sendiri. Terakhir adalah, wisatawan bisa hunting foto di sekitar untuk menghiasi media sosial seperti Instagram.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Banten

Cilegon

Pantai

Pantai Merak Kecil


Konten Sponsor

Populer

Angin Puting Beliung Ngamuk di Rancaekek-Jatinangor, BMKG Beri Penjelasan
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami