Jurnalistika

Jangan Salah Lagi, Cara Baca Mixue yang Benar Bukan ‘Miksu’,

  • Fareza Hanum

    10 Jan 2023, 14:34 WIB

    Bagikan:

image

Foto: Suasana di salah satu gerai Mixue di Pamulang Tangsel. (Dok: Jurnalistika/Fareza)

jurnalistika.id – Siapa yang enggak kenal Mixue? Brand es krim dari China ini sudah mendunia loh. Bahkan di Indonesia sendiri gerai es krim ini punya ratusan cabang. Tapi gimana sih cara baca Mixue yang benar?

Banyak orang yang melafalkan kata Mixue ini ‘Miksu’ atau ‘Miksue’, namun hal ini masih menjadi perdebatan benar salahnya. Menanggapi hal tersebut, seorang guru bahasa Mandarin Tirza Agnesia membagikan edukasi mengenai cara baca Mixue yang benar.

Melalui akun TikToknya di @tirzaadorable, Tirza Agnesia menjelaskan cara mengucapkan Mixue yang benar. Dalam unggahan videonya itu, Tirza menjelaskan bahwa pengucapan kata Mixue yakni “Mi – Shuwe”.

Dalam penjelasannya lagi, Mixue, kata Firza memiliki dua suku kata, yaitu MI dan XUE.

“Jadi, ‘Mishuwe’, bukan ‘Miksu’,” kata Firza dalam video yang ia rekam dengan murid-murid di kelasnya itu.

Video yang Firza tentang cara mengucapkan kata Mixue itu pun menjadi viral di TikTok. Beberapa akun official Mixue sendiri membagikan ulang video berisi edukasi tersebut.

Sebagai informasi, gerai Mixue pertama kali berada di Hongchoo, China pada tahun 1997, yang menyebar ke berbagai negara sampai dengan Indonesia. Pemegang hak franchise Mixue di Indonesia sendiri ialah PT Zisheng Pacific Trading.

Alasan mengapa Mixue banyak peminatnya karena harganya yang lebih murah daripada brand es lainnya mulai Rp 8.000 hingga Rp 24.000.

Hingga saat ini, Mixue telah memiliki lebih dari 1000 gerai meskipun baru hadir di Indonesia selama dua tahun atau 2020. Jumlahnya tersebut dipastikan akan terus bertambah.

Tak hanya di Indonesia, gerai Mixue juga menjamur di Negara Vietnam dan negara Asia Tenggara lainnya. Pada akhir 2022, gerai Mixue seluruhnya diperkirakaan menyentuh jumlah 30.000 lebih.

Baca berita lainnya di Google News, klik di sini.

penulis: Fareza Hanum (Internship)

bahasa mandarin

mixue


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami