Jurnalistika

Buka Puasa Minum Dalgona Coffee? Simak Kata Dokter

  • Ninda Utami

    04 Mei 2020, 00:08 WIB

    Bagikan:

image

Dalgona coffee

Jurnalistika.id – Bulan suci Ramadhan tahun ini memang sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, Kita harus karantina diri di rumah terkait adanya pandemi virus Corona (Covid-19) yang menggemparkan dunia.

Meski begitu, hal ini bukanlah suatu halangan untuk kita tidak berpuasa. Nah, bicara tentang puasa pastinya kita menantikan momen saat berbuka puasa, apakah kita akan berbuka dengan yang manis? yang segar? atau yang setia? ups! hehe..

Es buah pasti menjadi pilihan utama, tapi es kopi yang menjadi tren belakangan ini juga tak mau kalah. Yaps, Dalgona Coffee! siapa yang tak kenal dengan minuman hits ini? kopi yang memiliki cita rasa nikmat bak kopi kelas kafe, membuat warga +62 ketagihan untuk minum lagi dan lagi.

Baca juga: Tips Khatam Alquran Selama Bulan Ramadhan, Lakukan 6 Cara Ini

Selain itu, segelas Dalgona Coffee juga memiliki manfaat tentunya baik untuk kesehatan kita seperti antioksidan yang terkandung dalam kopi, selain itu campuran susu dan gula ini juga kaya akan protein, kalsium, dan glukosa.

Tapi, apakah buka puasa dengan minum Dalgona Coffee adalah pilihan yang tepat? yuk, mari kita simak penjelasan dokter di bawah ini:

Melansir dari Kompas.com pada Senin (27/4/2020), dr. Juwalita Surapsari, SpGK., yang berprofesi sebagai dokter gizi ini menyatakan bahwa produk kopi jenis apapun sebaiknya tidak dikonsumsi saat bulan puasa.

“Kopi bersifat diuretik yang memperbanyak kencing. Dikhawatirkan dapat menyebabkan dehidrasi,” tutur dr. Juwalita.

Termasuk, Dalgona Coffee sebaiknya tidak kamu konsumsi saat perut kosong karena sifat asam yang ada pada kopi ini dapat menyebabkan sakit perut.

Melihat pernyataan di atas, kita masih dapat menikmati kopi seperti Dalgona Coffee saat perut sudah terisi, yaitu setelah makan malam.

Tapi, ingat! kita juga perlu asupan cairan tubuh dengan minum air putih untuk hindari dehidrasi selama berpuasa. Caranya?

Cukup simple! kita hanya perlu terapkan pola 2–4–2. Ini artinya kita dianjurkan untuk minum 2 gelas air putih saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, serta 2 gelas di malam hari atau menjelang tidur.

Kenapa harus gitu? Menurut Halodoc, tubuh manusia terdiri dari 70 persen cairan, maka dari itu cairan sangat penting untuk mempertahankan fungsi tubuh tetap normal dan puasa kita pun akan berjalan lancar.

Intinya, minum Dalgona Coffee saat berbuka puasa itu boleh – boleh saja. Tapi, dengan 2 langkah sederhana. Pertama, minumlah saat perut sudah terisi atau usai makan malam.

Dan yang kedua, penuhi juga asupan cairan tubuh dengan minum air putih setiap hari atau selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Ingat! pola 2-4-2.

Dalgona Coffee

Kopi

Makanan Sehat

minumanviral

Puasa Ramadhan


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami