Jurnalistika

7 Ucapan Selamat Imlek dalam Bahasa Mandarin dan Maknanya

  • Anton Fathoni

    18 Jan 2023, 21:36 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi perayaan Imlek. (Dok: Pexels/Alexey Demidov)

jurnalistika.id – Siapa nih yang punya sahabat, kerabat atau atasan kerja yang keturunan Tionghoa? Bila punya, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa ucapan yang bisa kita tujukan ke mereka saat momen tahun baru Imlek nanti.

Tahun baru Imlek tahun ini jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023. Nah, pasti kamu biasanya ngucapin selamat buat mereka kan? Dan pasti kalimat yang paling familiar sering kamu pakai adalah ‘Gong Xi Fa Cai.

Kalimat tersebut maknanya adalah tentang harapan ‘Semoga lebih sejahtera tahun ini’. Ucapan Imlek itu terasa kurang tepat dong dengan maksudmu yang ingin mengucapkan selamat tahun baru buat mereka.

Nah, karena itu, berikut ini beberapa ucapan yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk memeriahkan atau sekedar menyapa teman, atasan, atau bos di media sosial.

Ucapan Imlek dalam Bahasa Mandarin Selain Gong Xi Fa Cai

ilustrasi ucapan imlek
Keluarga Tionghoa merayakan tahun baru Imlek. (Dok: Istimewa)

1. Xi Nian Kuai Le

sebenarnya ini nih, Ungkapan yang bermakna ucapan selamat tahun baru dalam bahasa Tionghoa. Nah, nanti jikalau ingin mengucapakan kalimat selamat kepada mereka, Kalimat ini bisa kamu gunakan.

2. Gong Xi Fa Cai

Kalimat atau ucapan ini kan yang paling sering kamu dengar saat perayaan imlek? Entah itu secara langsung maupun secara tidak langsung melalui sosial media seperti Twitter, story whatssapp, dan juga instagram.

Tetapi sebenarnya makna dari kalimat ini adalah “Semoga mendapatkan lebih banyak kekayaan atau kemakmuran”. Berarti makna dari kalimat ini adalah doa atau harapan yang baik-baik.

3. Nian Nian You Yu

Selanjutnya anda bisa mengungkapan ini ketika perayaan imlek tiba kepada cece dan koko teman sekelas atau sahabat karib anda. Makna dari kalimat ini adalah “semoga kemakmuran datang kepadamu setiap tahun”.

Nah, ini maknanya harapan baik yang digunakan untuk ucapan pada hari raya mereka. Harapan yang dimaksud semoga kita mendapat kesejahteraan ditahun ini, tahun lalu dan tahun yang akan datang.

4. Shen Ti Jian Kan

kalimat ini bermakna harapan akan kesehatan kepada orang yang kita ucapkan kepadanya. Dengan kalimat ini kita mendoakan agar mereka selalu dalam keadaan sehat, meskipun sudah bertambah tahun dan juga pasti bertambah pula usia mereka.

5. Wan Shi Ru Yi

Ada yang bilang bahwasannya masalah yang akan medewasakan kita. Nah, bagi kamu yang ingin mengekspresikan ucapan selamat tahun baru imlek, anda bisa menggunakan kalimat ini.

Makna dari kalimat ini adalah “Sepuluh ribu masalah ada maknanya”. Dari ungkapan ini maka hal yang dapat kamu ambil adalah bahwa janganlah lari dari masalah. Karena masalah itu yang akan menaikkan kualitas kita. Maka kita harus menyelesaikannya.

6. Sui Pui Ping An

Tadi sudah diJelaskan mengenai ungkapan harapan kita akan kesehatan dan kemakmuran dalam bahasa Mandarin. Sekarang adalah ungkapan yang bermakna harapan dijauhkan dari hal yang tidak diinginkan.

Kata ini bermakna “Semoga terhindar dari bahaya” Ini berarti kita berharap bahwasanya di tahun baru imlek ini kita akan terhindar dari musibah atau malapetaka.

7. Xian Nian Jin Bu

Makna dari kalimat ini adalah “Semoga mendapat kemajuan pada tahun ini” ungkapan ini harapanya adalah agar kita dapat lebih baik dari tahun yang sebelumnya.

Kita dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan tahun lalu dengan tidak mengulaingnya serta mengganti dengan hal yang lebih baik ditahun ini.

Nah itu dia macam-macam ucapan yang dapat kamu gunakan ketika ingin mengirimkan ucapan Imlek dalam bahasa Tionghoa di lingkungan kamu.

Sebenarnya kamu tak harus menggunakan bahasa Tionghoa saat ingin mengucapkan selamat kepada temanmu. Bisa saja kamu menggunakan bahasa Indonesia agar keduanya saling memahami satu sama lain.

Seperti “Selamat hari raya Imlek, semoga panjang umur, sehat selalu, murah rezeki dan semoga tahun baru imlek 2023 ini menjadikan diri kita lebih baik daripada tahun sebelumnya”.

Ini merupakan bentuk toleransi keberagaman di negara kita yang majemuk. Pertahankan sikap seperti ini karena hal ini akan menjaga rasa kehangatan persatuan dan kesatuan di negara kita.

Baca berita lainnya di Google News, klik di Sini.

Penulis: Anton Fathoni (Internship)

bahasa mandarin

imlek 2023

tahun baru imlek

ucapan imlek


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami