Jurnalistika
Loading...

5 Wisata Religi Bernuansa Islami, Cocok Dikunjungi Saat Lebaran

  • Inas Nasihah

    15 Apr 2023 | 15:45 WIB

    Bagikan:

image

Makam Sunan Bonang menjadi salah satu tempat wisata religi di Indonesia. (Instagram/)

jurnalistika.id – Setelah menjalankan ibadah puasa selama Ramadan, lebaran menjadi waktu yang dinantikan untuk berkumpul bersama keluarga dan merayakan kemenangan. Selain berkumpul dengan keluarga, momen lebaran juga menjadi waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan dan berlibur.

Bagi yang ingin merayakan lebaran dengan nuansa religi, berikut adalah 5 tempat wisata religi yang cocok dikunjungi saat lebaran.

1. Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid Istiqlal yang terletak di Jakarta merupakan salah satu masjid terbesar di dunia dan juga menjadi pusat kegiatan ibadah di Jakarta. Selain menjadi tempat ibadah, Masjid Istiqlal juga menjadi tempat wisata religi yang menarik untuk dikunjungi saat lebaran.

Istiqlal menyuguhkan arsitektur yang megah dan indah, serta menyediakan berbagai fasilitas pendukung ibadah seperti toilet, area parkir, dan area wudhu.

2. Makam Sunan Bonang, Jawa Timur

Makam Sunan Bonang merupakan salah satu tempat wisata religi yang sangat terkenal di Indonesia. Sunan Bonang merupakan salah satu tokoh wali songo yang terkenal di Indonesia, dan makamnya menjadi tempat yang sakral bagi umat muslim di Indonesia. Makam Sunan Bonang berada di Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Saat Anda berkunjung ke sini, maka Anda berada di kawasan Pantura atau daerah Pantai Utara Pulau Jawa.

3. Istana Maimun, Sumatera Utara

Terletak di Medan, Sumatera Utara, Istana Maimun merupakan salah satu tempat wisata religi yang berbeda dari tempat wisata religi pada umumnya. Istana ini merupakan bekas tempat tinggal raja Deli pada abad ke-19 dan menjadi salah satu tempat wisata yang menarik di Medan.

Meskipun bukan tempat ibadah, Istana Maimun memiliki nuansa keislaman yang kuat karena banyak terdapat simbol dan aksesoris Islam di dalamnya, sehingga cocok untuk dikunjungi saat lebaran.

4. Makam Habib Muhammad Bin Yahya, Kalimantan Timur

Makam Habib Lutfi Bin Yahya terletak di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Habib Lutfi Bin Yahya merupakan salah satu ulama besar di Indonesia yang dikenal sebagai ulama pembawa risalah Islam di Kalimantan Timur.

Makamnya menjadi tempat yang sakral bagi umat muslim di Indonesia. Sehingga banyak orang yang datang untuk berziarah dan mengikuti kegiatan keagamaan di sekitar makam.

5. Makam Kerajaan Mataram Imogiri, Yogyakarta

Imogiri menjadi tempat peristirahatan terakhir para Sultan dan keluarganya yang berkuasa di Mataram Islam. Makam ini menyimpan sejarah panjang mengenai kebudayaan Jawa dan Islam di Jawa Tengah.

Pengunjung dapat melihat arsitektur bangunan yang khas serta belajar lebih dalam mengenai sejarah peradaban di Jawa. Imogiri juga menjadi tempat yang tepat untuk merenung dan memperdalam keimanan pada momen lebaran.

Dalam memilih tempat wisata religi, hendaknya kita memperhatikan budaya dan adat yang berlaku di setiap tempat, serta menghormati tempat suci yang kita kunjungi. Selain itu, kita juga harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, mengingat situasi pandemi yang masih berlangsung.

Memilih tempat wisata religi saat lebaran bukan hanya sekedar menikmati keindahan alam, namun juga dapat mempererat hubungan dengan keluarga, merenung, serta memperdalam keimanan.

Ada banyak tempat wisata religi di Indonesia yang cocok untuk dikunjungi saat lebaran, seperti yang telah disebutkan di atas. Dengan memilih tempat wisata yang tepat, kita dapat menikmati momen lebaran dengan lebih bermakna dan berarti. Mari rayakan lebaran dengan semangat kebersamaan dan keimanan yang tinggi!

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

kontributor: Inas


Populer

Secanggih Apa Starlink Milik Elon Musk yang Akan Diuji Coba di IKN?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami