Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Ketahui 5 Perbedaan Daging Sapi dan Kambing

  • Firmansyah

    09 Jul 2022, 19:06 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi: daging (freepik)

jurnalistika.id – Idul Adha identik dengan menyembelih hewan kurban. Jenis hewan yang menjadi kurban pun bermacam-macam. Mulai dari kambing, domba hingga sapi.

Setelah hewan itu disembelih, kemudian dagingnya akan dibagikan kepada masyarakat. Biasanya, saat membagikan daging kurban tersebut, tidak ada label khusus yang menjelaskan daging apa di dalamnya, entah sapi atau kambing?

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui perbedaan antara daging sapi dan kambing ketika menerima hewan kurban. berikut ini akan menjelaskan beda keduanya.

Baca juga: 5 Cara Memasak Rendang Sapi Agar Cepat Empuk

Perbedaan daging sapi dan kambing

Sebenarnya, perbedaan antara keduanya terletak pada tekstur, aroma, hingga warnanya. Berikut ulasan perbedaan daging sapi dan kambing:

1. Aroma

Dari sisi aroma, kedua daging memiliki aroma yang khas, namun aroma daging kambing lebih kuat dan cenderung menyengat.

2. Serat

Daging kambing mempunyai serat yang lebih tebal sehingga teksturnya lebih kasar. Sedangkan daging sapi seratnya lebih kecil dan renggang, ketika dipegang pun terasa lebih kenyal dan halus.

3. Lemak

Cara membedakan selanjutnya ada di Lemak. Daging sapi mempunyai garis putih lemak yang panjang. Sedangkan daging kambing tidak. Gumpalan lemak daging kambing berkumpul di bagian tertentu saja.

4. Warna

Secara kasat mata pun sebenarnya mempunyai warna yang berbeda. Daging sapi mempunyai warna pucat dan akan berubah menjadi coklat gelap saat terpapar udara. Sedangkan daging kambing warnanya merah cerah dan akan berubah agak ungu ketika terkena suhu ruangan.

5. Rasa

Terakhir, yang membedakan kedua daging ini tentu rasanya. Rasa daging kambing akan terasa lebih gurih daripada daging sapi. Rasa gurih pada daging kambing dipengaruhi oleh aromanya yang kuat.

Selain itu, seringkali daging kurban tidak habis untuk sekali masakan. Supaya daging kurban Anda awet, simpan dalam pendingin (freezer). Namun sebelum itu, daging perlu Anda potong kecil-kecil lalu masukkan dalam wadah atau plastik.

Baca juga: 5 Tips Agar Daging Qurban Tetap Segar

(fsy)

Ikuti berita pilihan jurnalistika.id setiap hari langsung ke ponsel di Grup Telegram “Sahabat Jurnalistika”. Mari bergabung dengan cara Klik link ini, kemudian join.

Daging Kurban

daging sapi dan kambing

idul adha 1443 Hijriyah