Jurnalistika

4 Wisata Danau di Tangsel, Bisa Jadi Tempat Bersantai

  • Anton Fathoni

    25 Jan 2023, 15:19 WIB

    Bagikan:

image

Foto: Suasana di pinggir danau Setu Tujuh Muara, Tangsel. (Dok: Jurnalistika/Anton)

jurnalistika.id Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyimpan potensi wisata danau yang sayang untuk dilewatkan. Di setiap kecamatan di kota ini, pasti ditemukan danau dengan daya tariknya masing-masing.

Jika kamu suka menjadikan danau sebagai tempat wisata atau sekedar menikmati angin di sore hari selepas kerja, beberapa danau di Tangsel ini mungkin bisa jadi pilihan untuk kamu kunjungi.

4 Danau di Tangsel untuk bersantai

Tak hanya bersantai, di danau berikut ini, kamu juga dapat melakukan aktivitas lain, loh. Misalnya olahraga ataupun bersepeda. Yuk simak danau apa saja.

1. Situ Tujuh Muara

Danau atau Setu Tujuh Muara ini berada di Pamulang, Kota Tangerang selatan. Menawarkan beberapa fasilitas menarik yang dimanfaatkan untuk berekreasi.

Di pinggiran danau ini, terdapat taman ganespa yang memiliki trotoar bagi pejalan kaki untuk sekedar joging atau menikmati sejuknya angin sepoi sepoi.

Tak hanya itu, di taman tersebut juga ada kursi dan meja yang terbuat dari potongan gelondongan kayu untuk bersantai melepas lelah. Jika lapar atau haus pun tak perlu khawatir, karena di samping taman terdapat beberapa kedai yang menjual beberapa makanan ringan maupun minuman seperti kopi atau jus.

Spot wahana air yang ditawarkan juga tak kalah menarik, seperti canoe, dragon boat, stand up paddle, water bike, dan lain-lain. Pondok dengan atap daun rumbia yang ada di sekitar danau juga menambah suasana asri dan klasik.

2. Situ Pondok Jagung

Rawa Kutub adalah nama lainnya. Tempat wisata ini berlokasi di kecamatan Serpong Utara, kota Tangerang selatan.

Hari minggu bisanya danau ini ramai dikunjungi banyak orang. Di waktu pagi, biasanya banyak muda-mudi sering nongkrong di sini. Mereka kebanyakan berolahraga jogging di track yang mengelilingi danau.

Kondisi danau ini terbilang terawat. Terbukti tidak ada sampah yang berserakan. mungkin karena para pengunjung yang kesadaran akan lingkungannya yang tinggi sehingga mereka membuang sampah pada tempatnya.

3. Situ Gintung

Pernah Jebol Pada tahun 2008, dan banyak memakan korban. kini danau Situ Gintung disulap menjadi tempat wisata. Berlokasi di kecamatan Ciputat Timur, tepatnya di belakang kampus UIN Syarif Hidayatullah.

Awalnya danau ini berfungsi sebagai irigasi lahan pertanian di kawasan Ciputat Timur. Namun kini Hadir spot makanan dan kafe hits yang aestetik di sekitaran danau, seperti serambi temu Kaffe.

Sama seperti danau-danau lainnya di Tangsel. Danau situ gintung Sering dipakai joging untuk para pengunjung lantaran banyak pepohonan yang ditanam di sepanjang bibir danau.

Di Situ Gintung ini juga sering diadakan event-event bazzar yang menawarkan makanan atau hasil keraijnan olahan warga setempat. Untuk kamu yang sedang berburu sunset, alangkah baiknya kamu stay di sini. Kalau ke sininya kamu pagi, kamu masih dapat melihat kabut segar di sini.

4. Danau UT

Berlokasi di Jalan Talas, Pondok Cabe, Kecamatan Pamulang, kota Tangerang selatan. Danau di belakang Universitas Terbuka (UT) ini menyajikan keindahan yang alami. Rerumputan yang menutup tanah untuk tempat baring-baring. Jalan yang lebar di tepi danau bisa untuk bersepeda maupun joging pagi.

Ketika ingin bersantai di sore hari, di tepi ditanami pohonan nan rindang yang tersusun rapi. Kamu bisa duduk di sini sambil bersenda gurau dengan teman. Di sini pun ada jembatan yang bagus untuk menjadi spot foto.

Baca berita lainnya di Google News, klik di sini.

wisata danau

wisata tangsel


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami