logo jurnalistika

Sri Mulyani: Tangsel Punya Penduduk Miskin Paling Sedikit

  • Firman Sy

    13 Sep 2021, 07:40 WIB

    Bagikan:

Photo/ Sri Mulyani (Menteri Keuangan RI)

Jurnalistika.id – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tercatat dengan jumlah penduduk miskin paling sedikit meskipun terdampak pandemi dibanding rata-rata nasional, Hal itu dipaparkan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

Sri Mulyani mengatakan, angka rata-rata penduduk miskin nasional kini berada di kisaran 10,19 persen. Tangsel bersama Depok dan Bandung tercatat masih jauh lebih sedikit dibanding rata-rata nasional.

“Kita lihat, kalau nasional di 10,19 persen, daerah-daerah di mana penduduk miskinnya rendah seperti Tangerang Selatan, bahkan waktu itu sempat 0 persen, sekarang 1,68 persen. Badung di Bali 1,78 persen, Kota Depok 2,07 persen,” ungkapnya saat menggelar rapat dengan Komisi XI DPR RI, Senin (13/9).

Baca Juga: Lewat Cerita, Erick Thohir Ingatkan Anak-anak Pentingnya Pakai Masker

Kendati begitu, Sri Mulyani pun mencermati, angka kemiskinan di luar Jawa dan Bali masih terlalu tinggi. Khususnya di wilayah Indonesia Timur seperti Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Namun kita lihat di Kabupaten Deiyai 41,76 persen masyarakatnya masih masuk dalam kategori miskin. Kabupaten Sumba Tengah 34,49 persen, dan Kabupaten Sabu Raijua di 30,18 persen,” terang dia.

Melihat realita ini, Sri Mulyani menyebutkan, pemerintah perlu melakukan evaluasi terkait pelaksanaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD), yang rupanya belum bisa memberikan kesejahteraan secara menyeluruh kepada rakyat.

Terlebih beberapa daerah telah diberikan otonomi khusus dan tambahan anggaran untuk infrastruktur. Sri Mulyani menghitung, APBN bahkan telah mendelegasikan 1/3 porsinya untuk belanja daerah.

“Diperlukan kebijakan baru yang harusnya berorientasi pada kapasitas dan kinerja perbaikan kapasitas daerah dalam meningkatkan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Sri Mulyani.

Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana

Jumlah Penduduk miskin

kemiskinan

Kota Tangerang Selatan

Menteri Keuangan

Sri Mulyani


Rekomendasi

Topik Pilihan

#

Vannesa Angel

#

Tangsel

#

Benyamin Davnie

#

Jokowi Dodo

#

PT. PITS

Terbaru

dsds

Fakta Menarik Desa Wisata Huta Tinggi: Dekat Danau Toba Identik Dengan Kerbau

Peringati Hari AIDS Sedunia, Ini Yang dilakukan KPA Purwakarta

Menitipkan Masa Depan Melalui Pohon : Investasi Oksigen

Ini Rincian UMK Banten Tahun 2022 yang Ditetapkan Gubernur Wahidin Halim

Pemkot Tangsel Gelar Pengembangan Pelaku Usaha Sektor Pertanian Demi Peningkatan Produksi

Ini Alasan Erick Thohir Gabung Banser

Pemkot Tangsel Gelar Giat Pengembangan Usaha Mikro Bagi Pelaku Usaha

Julham Firdaus Kembali Pimpin Bamus Tangsel, Begini Harapan Walikota