logo jurnalistika

BRI Berikan Pinjaman Untuk UMKM Dengan Platform Digital

  • Malik Abdul Aziz

    07 Feb 2021, 00:23 WIB

    Bagikan:

Jurnalistika.id – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) akan memberikan fasilitas murah via layanan digital kepada Pelaku usaha ultra mikro yang minim akses pendanaan.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, bahwa hanya 20% usaha ultra mikro yang memiliki akses pembiayaan sampai saat ini.

“Mudah-mudahan kita bisa melayani masyarakat sebanyak mungkin dengan biaya yang semurah mungkin,” kata Sunarso kepada awak media, Jum’at (05/02/2021).

Buka juga: 14 Tahun Sendiri Akhirnya Ikke Nurjanah Menemukan Tambatan Hati

lanjut, dirinya menjelaskan, bahwa selama yang mencari sumber pendanaan dari loan shark atau rentenir dengan bunga tinggi untuk usaha ultra mikro hanya sekitar 5 juta pengusaha , 7 juta dari kerabat, dan 18 juta lagi masih bingung harus kemana mencari pinjaman.

“Kita mencari sasaran yang lebih kecil, tapi jumlahnya banyak. Prosesnya memang harus digital, pelayanan melalui platform digital supaya cepat,” ungkap Sunarso.

Dimana usaha ultra mikro dibawah usaha mikro, dengan ticket size-nya di bawah Rp 10 juta. Dengan tenor yang lebih singkat, karena banyak pelaku usaha ultra mikro kebutuhan pinjamannya harian.

Baca juga: Hujan Deras Melanda Kota Semarang, 14 titik Jalan Kebanjiran Hingga Longsor

Dirinya menjelaskan, bahwa target usaha ultra mikro merupakan bagian dari strategi BRI untuk menumbuhkan sumber-sumber pertumbuhan baru.

“2021 kita cukup optimis dan confidence, tentunya kita fokus ke pertumbuhan mikro. Loan growth 2021 kita set di kisaran 6-7%. LDR-nya di kisaran 85 persen dan untuk NIM kita jaga kisaran 6,3%,” tutur Direktur Keuangan BRI Viviana Dyah Ayu Retno.

Sebagai informasi, kredit yang disalurkan BRI hingga Desember 2020 mencapai Rp 938,37 triliun atau tumbuh 3,89% year on year. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kredit nasional yang diperkirakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di kisaran minus 1% hingga 2%.

Bank Rakyat Indonesia

Bantuan UMKM

ekonomi

Platform Digital


Rekomendasi

Topik Pilihan

#

Vannesa Angel

#

Tangsel

#

Benyamin Davnie

#

Jokowi Dodo

#

PT. PITS

Terbaru

dsds

Fakta Menarik Desa Wisata Huta Tinggi: Dekat Danau Toba Identik Dengan Kerbau

Peringati Hari AIDS Sedunia, Ini Yang dilakukan KPA Purwakarta

Menitipkan Masa Depan Melalui Pohon : Investasi Oksigen

Ini Rincian UMK Banten Tahun 2022 yang Ditetapkan Gubernur Wahidin Halim

Pemkot Tangsel Gelar Pengembangan Pelaku Usaha Sektor Pertanian Demi Peningkatan Produksi

Ini Alasan Erick Thohir Gabung Banser

Pemkot Tangsel Gelar Giat Pengembangan Usaha Mikro Bagi Pelaku Usaha

Julham Firdaus Kembali Pimpin Bamus Tangsel, Begini Harapan Walikota