Jurnalistika
Loading...

Niat Puasa di Bulan Ramadhan dan Waktu Membaca yang Tepat

  • Ratu Masrana

    11 Mar 2023 | 15:45 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi. Membaca niat puasa ramadhan dan waktu yang tepat kapan membacanya. (Istock)

jurnalistika.id – Mendekati bulan suci Ramadhan 2023, aku ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa untuk kamu dan orang-orang tercinta. Semoga kamu menikmati puasa serta hari raya dengan keluarga dan teman-teman kamu.

Untuk persiapan menyambut bulan penuh hikmah ini, yuk kita mereview lagi, barangkali ada yang lupa bagaimana niat berpuasa, emang mantan harus dilupain, heheee….

Niat puasa Ramadhan adalah niat yang sangat penting bagi umat muslim yang ingin menjalankan ibadah puasa dengan benar. Niat ini harus dilakukan sebelum memulai puasa, dengan mengucapkan kalimat niat secara lisan atau dengan menyimpannya dalam hati. Kayak doi selalu disimpan di hati.

Niat Puasa Ramadhan

Niat puasa Ramadhan mengandung makna yang sangat dalam, yakni kesadaran bahwa ibadah puasa ini dilakukan semata-mata untuk memperoleh keridhaan Allah SWT. Berikut adalah lafazd niat puasa ramadhan.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

Jika tidak hafal lafal lafadz niat puasa bahasa arab cukup dengan menggunakan bahasa sendiri namun makna dan tujuannya sama. Puasa Ramadhan juga mengajarkan umat muslim untuk lebih memperhatikan dan merasakan kehidupan orang lain yang kurang beruntung. Tapi saat ini, aku beruntung punya kamu hehehe.

Oke, setelah menyimak bagaimana niat berpuasa, kamu udah tahu belum kapan sih waktu yang tepat untuk niat berpuasa itu? Yuk kita simak:

Waktu yang Tepat Membacanya

Waktu yang tepat untuk membaca niat puasa adalah ketika waktu Subuh sudah dekat, namun belum masuk waktu Subuh. Biasanya, waktu yang tepat untuk membaca niat puasa adalah sekitar 10-15 menit sebelum waktu Subuh.

Selain itu, niat puasa juga bisa dibaca pada waktu malam sebelum hari puasa. Hal ini bertujuan agar kita lebih mempersiapkan diri secara mental dan spiritual untuk menjalankan ibadah puasa.

Waktu yang tepat untuk membaca niat puasa pada malam sebelumnya adalah setelah shalat Tarawih atau sebelum tidur.

Nah, bagaimana? Kamu sudah siap kan sekarang menyambut bulan penuh ampunan ini… Saya harap dengan berpuasa di bulan Ramadhan ini, kamu bisa menyucikan jiwa dan mencari berkah dari Allah. Selamat Berpuasa.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Kontributor: Ratu

Niat Puasa

ramadhan 2023


Populer

Tangsel Trending di X, Netizen Ramai Bahas Marshel Usai Diusung Gerindra Maju Pilkada
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami