Jurnalistika

Ini 4 Manfaat di Bulan Ramadan Saat Kamu Pintar Mengatur Waktu

  • Ratu Masrana

    01 Apr 2022, 16:30 WIB

    Bagikan:

image

Manfaat mengatur waktu di bulan Ramadan agar ibadah lebih khusyu dan tenang (Photo Luke Chesser dari Unsplash)

jurnalistika.id – Semua pasti sepakat bahwa bulan ramadan adalah bulan mulia. Saking mulianya, kamu tidak mau melewatkan bulan ini tanpa memperbanyak ibadah. Tahukah kamu bahwa kamu harus mengatur waktu kamu dengan baik. Hal ini agar kamu mendapatkan banyak manfaat di bulan suci ini.

Keterampilan mengelola waktu yang efektif ini akan berakibat banyak hal. Salah satunya adalah kamu jadi bisa lebih tenang dan nyaman menjalankan ibadah saum.

Lalu apalagi manfaatnya kalau kamu bisa mengatur waktu dengan baik di bulan suci ini?

Manfaat Mengatur Waktu Selama Bulan Puasa

Berikut 4 manfaat yang kamu dapatkan jika kamu bisa mengelola waktu dengan baik di bulan ramdadhan:

1. Ketenangan batin

Bulan Ramadhan itu istimewa. Selain ibadah rutin harian yang kamu lakukan di bulan lain, kamu bisa solat taraweh, buka puasa bersama dan juga sahur. Tak hanya itu, kamu juga ada tilawah bareng, bisa dengan masjid atau teman pengajian untuk menikmati ayat-ayat Ilahi setiap harinya.

Tentu saja kegiatan ini sedikit berbeda dengan hari-hari biasa. Tidak saja special, kegiatan ini memerlukan pengelolaan waktu yang khusus juga.

Misal, sebelumnya mungkin kamu tidak ada jadwal sahur kecuali Puasa Senin Kamis atau Daud, di bulan saum nanti kamu harus bagun untuk sahur. Artinya, kamu tidak boleh tidur terlalu malam, agar esok hari bisa segar dan bisa bangun sahur.

Selain itu, pasca magrib, kamu buka puasa, lanjut isya dan tarawehan. Setelahnya, ada tilawah bareng. Nah, ini membutuhkan stamina yang cukup. Kamu perlu bisa mengatur agar tubuhmu bisa tidur siang sejenak agar bisa fit ibada di malam hari.

Apalagi buat emak-emak, kamu harus juga menyiapkan buka dan sahur. Kamu sangat perlu bisa atur waktu untuk istrahat dan kapan masak-memasak buat buka dan sahur juga beribadah lainnya.

Jika kamu bisa mengelola waktumu dengan baik, maka kamu akan memenuhi kegiatan-kegiatan yang istimewa di bulan Ramadan dengan tenang.

Baca juga: 5 Cara Masak Tanpa Minyak, Solusi Sehat di Tengah kelangkaan

Selanjutnya, perasaanmu akan gembira dan lebih positif. Aura ini akan berdampak pada keseharianmu dan juga puasamu. Energi cantik dari dalam dirimu ini akan memantul keluar dan yang kamu rasa akhirnya hanyalah kebahagiaan, ketenangan batin yang luar biasa. Hal ini memberi kamu energi yang luar biasa untuk menjalani saum.

Akhirnya, kamu sangat menikmati puasamu dan semoga kamu mendapatkan keberkahan.

2. Memiliki lebih banyak alokasi waktu

Meski tampaknya kegiatan di bulan suci ini sangat padat, kamu tetap tidak boleh patah semangat mengaturnya dengan sangat baik. Ingat, bulan ini hanya sekali dalam setahun. Kamu tidak mau kan, bulan ini lewat dengan sia-sia tanpa kesungguhan yang kamu torehkan?

Pengaturan waktu yang baik di bulan Ramdhan, akan menyebabkan kamu punya banyak waktu untuk melakukan sesuatu, contohnya tilawah. Kamu bisa susun jadwal kamu dari bangun, masak, makan sahur, subuh dan tilawah.

Selebihnya, jika kamu pekerja, kamu juga harus menyusun waktu kapan berangkat kerja, kapan pulang bahkan di sela-sela itu, kamu bisa selipin baca quran atau baca buku islami. Misalnya saat istirahat, karena kamu saum, kamu tidak perlu makan ke kantin, tapi waktunya bisa kamu pakai untuk hal-hal penting tadi.

Bahkan, kamu bisa memulihkan tenaga dengan tidur sejenak di kantor saat istirahat.

Bila kamu cukup disiplin dengan jadwal yang kamu buat, maka kamu akan merasa kamu punya lebih banyak waktu untuk melakukan kegiatan positif lainnya.

Ingat, bulan puasa bukan alasan bagi kamu malas-malasan dengan alasan kamu lapar dan sedang saum.

3. Memiliki lebih banyak peluang beribadah

Saat saya masih jadi pekerja dulu, seingat saya, pulang kerja di saat puasa lebih cepat dari biasanya. Nah, ini artinya kamu punya banyak kesempatan untuk beribadah, ya.

Salah satu ibadah yang termasuk kegiatan baik adalah buka puasa bersama keluarga. Pastinya kamu sepakat bahwa peluang berkumpul dengan keluarga saat azan magrib rasanya mengasyikkan.

Setelah buka puasa, biasanya takjil dulu, kamu bisa solat berjamaah dengan keluarga. Bisa juga solat di masjid untuk kamu yang laki-laki. Ini bisa jadi salah satu kesempatanmu juga untuk solat di masjid.

Mungkin selama ini pas azan magrib kamu malah masih berkutat di depan leptop atau terjebak macet di jalan raya menuju pulang.
Momen pulang cepat saat Ramadhan bisa jadi pelung kamu untuk mendapatkan lebih banyak kesempatan dalam beribadah. Tidak menutup kemungkinan juga memperbaiki kualitas hubunganmu dengan keluarga.

Baca juga: Rekomendasi 5 Tempat Ngabuburit di Depok yang Ramah Kantong

Ini baru salah satu contoh saja. Kamu bisa mendapatkan peluang baik lainnya lebih banyak lagi bila kamu cermati. Tentu saja ini kamu peroleh bila kamu cukup pandai mengalokasikan waktumu di bulan Ramadhan.

4. Semoga mencapai derajat taqwa

Tujuan saum adalah adalah agar kamu bertaqwa. Kamu bisa lihat di dalam quran surat Al Baqarah 183.

Semoga kamu bisa mengatur waktu dengan baik sehingga bisa melakukan ibadah-ibadah saum dengan sempurna. Setidaknya bila belum sempurna, ibadah puasamu kali ini lebih baik ketimbang tahun lalu. Insya Allah.

Semoga Allah menempatkan kita di posisi taqwa, juga berharap apa yang kita lakukan di bulan saum ini membawa kita menjadi pribadi-pribadi pilihan menurut Allah. Semoga Allah meridoi upaya-upaya kita mendekatkan diri kepadaNya.

Aamiin ya mujibas sailin. (RM)

mengatur waktu

ramadan 2022

serba serbi ramadan

tips mengatur waktu


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami