Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Gus Baha Jelaskan 6 Kunci Pembuka Pintu Surga dan Penutup Pintu Neraka

  • Khazim Mahrur

    29 Mar 2022, 17:00 WIB

    Bagikan:

image

Gus Baha (Foto: laduni.id)

jurnalistika.id – Surga merupakan tempat terindah dari segala tempat indah yang ada di dunia ini. Dalam hadits Qudsi Allah SWT berfirman:

يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى أَعْدَدْتُ لِعِبَادِي الصَّالِحِينَ مَا لَا عَيْنٌ رَأَتْ وَلَا أُذُنٌ سَمِعَتْ وَلَا خَطَرَ عَلَى قَلْبِ بشر

“Aku telah menyiapkan  untuk hamba-hamba-Ku yang saleh sesuatu yang belum pernah dilihat mata, belum pernah didengar telinga dan tidak pernah terlintas di benak manusia untuk hamba-hamba-Ku yang saleh.” (HR Muslim)

Lawan dari surga adalah neraka. Kalau surga disebut sebagai tempat yang indah, maka neraka sebaliknya yaitu suatu tempat yang penuh dengan kesengsaraan. Neraka merupakan tempat bagi orang-orang yang durhaka kepada Allah SWT. Manusia durhaka yang selama hidupnya selalu menentang perintah-perintah-Nya dan melakukan hal-hal yang dilarang-Nya.

Baca juga: Gus Baha Ungkap Alasan Syaban disebut Ruwah oleh Orang Jawa

Surga sebagai tempat yang indah dan idaman setiap orang. Lantas bagaimana cara meraihnya? Sekaligus pula bagaimana agar kita terhindar dari siksaan api neraka?

Mengutip Kanal YouTube Santri Gayeng, K.H Bahauddin Nur Salim atau Gus Baha menjelaskan perihal cara meraih surga dan agar terhindar dari neraka.

Gus baha mengutip perkataan Sayyidina Ali Karramallahu Wajhah: “barangsiapa mengumpulkan enam perkara, maka berarti ia tidak meninggalkan cara meraih surga”.

Gus baha lantas menjelaskan maksud perkataan Sayyidina Ali bin Abi Thalib, yakni orang yang melakukan enam hal ini tidak perlu lagi mencari cara masuk surga. Selain itu, orang tersebut tidak perlu lagi mencari cara untuk menghindar dari neraka.

Artinya sudah memenuhi kualifikasi masuk surga. Keenam hal ini merupakan kunci surga sekaligus penangkal dari Neraka.

6 Kunci Surga dan Menutup Pintu Neraka Menurut Gus Baha

ngaji gus baha soal kunci surga
ilustrasi by pexels

Kalau melakukan enam hal ini berarti sudah memiliki kunci untuk masuk surga dan kunci untuk menutup neraka. Jadi, semua jalan menuju neraka sudah terkunci. Adapun 6 hal tersebut adalah sebagai berikut.

  • 1. Mengenal Allah SWT

Mengenal Allah berarti mengetahui bahwa Allah adalah pencipta dan pemberi rizki. Mengetahui bahwa Dia merupakan Dzat Yang Menghidupkan dan Mematikan. Kita harus mengenal Allah, bahwa Allah itu Dzat Yang Super bagi kita. Karena Dia (Allah) ialah Dzat yang menciptakan, pemberi rizki, menghidupkan. Pokoknya ketergantungan kita kepada-Nya sangat luar biasa.

Setiap saat yang terpenting kita ingat bahwa dzat yang terpenting dalam hidup kita adalah Allah. Namun, lebih lanjut Gus Baha menjelaskan bahwa tidak cukup mengetahui saja tetapi sebagai hamba harus taat kepada Allah dengan cara melakukan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya.

  • 2. Mengenal Setan sebagai Musuh

Mengetahui bahwa setan ialah musuh manusia, sehingga ia senantiasa akan menyelisihi setan dan tidak mengikuti ajakannya. Dia mengetahui setan untuk dijauhi, bukan sebaliknya menjadi teman akrab dan sekutu setan.

  • 3. Mengenal Akherat sebagai tempat Keabadian

Kunci surga selanjutnya menurut Gus Baha ialah mengetahui bahwa akherat adalah tempat keabadian. Maka ia akan mencari dengan mempersiapkan bekalnya. Dunia ini hanya sebagai tempat singgah yang sifatnya tidak lama. Di dunia ini kita dituntut untuk mempersiapkan bekal menuju kehidupan yang kekal dan abadi

  • 4. Mengenal Dunia

Kemudian mengetahui bahwa dunia itu fana’ (rusak) dan sekedar tempat singgah. Mengetahui kefanaan dunia maka akan meninggalkannya dan tidak mengambil bagian dari dunia kecuali yang berkaitan dengan bekal untuk mengarungi kehidupan yang kekal dan abadi.

  • 5. Mengenal Hukum yang Haq

Mengenal hukum yang haq (benar) lalu mengikutinya dan melaksanakannya. Dengan mengetahui yang benar dan tidak benar kehidupan kita akan terarah. Hal ini juga yang akan mendatangkan keridlaan Allah SWT.

  •  6. Mengenal yang Bathil

Mengenal hal yang batil (tercela) untuk menjauhi dan tidak mengamalkannya. Hal-hal yang buruk akan mendatangkan dosa dan menyebabkan manusia terhalang masuk surga.

Demikian 6 cara meraih kunci surga sekaligus menutup pintu neraka menutut Gus Baha.

Gus Baha

kunci surga

ngaji gus baha