logo jurnalistika

5 Hal Ini Penting Dilakukan Untuk Persiapan Bulan Suci Ramadhan

Oleh

Zamzami Lafaf

pada

28 Mar 2021, 08:40 WIB

5 Hal Ini Penting Dilakukan Untuk Persiapan Bulan Suci Ramadhan
5 Hal Ini Penting Dilakukan Untuk Persiapan Bulan Suci Ramadhan, foto ilustrasi ramadhan – freepik.com

Jurnalistika.id – Ramadhan semakin dekat, apa saja hal yang penting diakukan untuk persiapan bulan suci Ramadhan?

Menjelang bulan Ramadhan biasnya orang-orang pergi ke pasar atau supermarket untuk membeli kebutuhan untuk puasa seperti stok makanan, minuman untuk buka puasa, dan lainnya.

Tidak hanya berkaitan dengan kebutuhan bahan makanan, menyambut datangnya bulan Ramadhan kita juga perlu mempersiapkan untuk bisa beribadah kepada Allah SWT dengan tenang saat Ramadhan serta menjadikan diri menjadi lebih baik dan lebih taat atas perintah sang Pencipta.

Untuk itu, sebelum kita dipertemukan kembali Dengan bulan Ramadhan, alangkah baiknya kita lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.No

Berikut 5 hal yang perlu diri kita lakukan untuk persiapan bulan suci Ramadhan

1. Bertaubat

Taubat seringkali dikaitkan dengan dosa besar, pada dasarnya taubat juga perlu dilakukan untuk memohon ampunan dari dosa-dosa yang kecil baik yang dilakukan sengaja ataupun tidak sengaja.

Taubat artinya mengakui bahwa kita hanya manusia yang tidak luput dari dosa, dimana taubat dicerminkan dari ibadah yang dilakukan tanpa henti, seperti memohon ampunan atau mengucap istigfar dan selalu berdzikir memanjatkan doa, Sebelum memasuki Ramadhan inilah saat yang tepat untuk kita melakukannya.

Baca juga : Coba ini, Agar Kamu Bisa Khatam Al-Qur’an Selama Bulan Suci Ramadhan

2. Memperbanyak ibadah sunah

Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak ibadah, baik yang wajib maupun ibadah sunah.

Berikut beberapa ibadah sunah yang bisa mulai dibiasakan untuk persiapan bulan Ramadhan mendatang.

  • Membaca Al-Qur’an, membaca kitab suci Al-Quran merupakan amalan yang sering dilakukan umat muslim, biasanya pada bulan Ramadhan banyak orang berlomba-lomba membaca Al-Quran hingga khatam. Untuk itu, sebelum bulan Ramadhan tiba tidak ada salahnya jika mencicil membaca Al-Qur’an dari sekarang. Terlebih lagi, saat ini kita di permudah untuk membaca Al-Qur’an, bisa di Aplikasi Handphone atau membawa Al-Qur’an yang berukuran kecil.
  • Memperbanyak shalat dan dzikir, selain shalat wajib, kini saatnya kita mulai memperbanyak shalat-shalat sunah lainnya seperti Shalat Tahajud, Shalat Duha, dll. Selain itu kita juga dapat memperbanyak dzikir dari sekarang. Dzikir dapat dilakukantidak hanya setelah menunaikan shalat saja, Dzikir juga bisa dilakukan kapanpun dan di manapun.

Baca juga : Bagaimana Ciri-ciri Datangnya Malam Lailatul Qadar ? Simak disini!

3. Meningkatkan kualitas ibadah

Setelah kita memperbanyak shalat, dan dzikir, sangat penting bagi kita untuk meningkatkan kualitas ibadah.

Pada Bulan Ramadhan kita akan selalu melakukan shalat-shalat sunah seperti tarawih atau membaca Al-Qur’an, akan tetapi tidak sedikit diantara kita juga malas untuk melakukannya, bahkan malah sampai lupa menjalankan ibadah wajib.

Untuk itu, dengan cara meningkatkan iman sebagai pengingat penting harus ditanamkan di dalam hati, yang tadinya hanya sekedar melakukan ibadah wajib berulang ulang, coba lebih pahami makna dari indah shalat yang kita jalani. Nah, di bulan Ramadhan ini, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

4. Menghindari tindakan atau ucapan negatif

Tindakan atau ucapan negatif baik sadar maupun tidak sadar sering kita lakukan dalam kehidupan sehari hari, hal tersebut perlu kita rubah dari sekrang sebelum datangnya bulan Ramadhan.

Seperti apa tindakan negatif itu? Contoh kecil, membicarakan keburukan orang lain, menyebarkan gosip yang belum pasti kebenarannya, mengucapkan hal-hal yang tidak benar atau berbohong dan masih banyak yang lainnya.

Untuk itu, sebelum memasuki Ramadhan baiknya kita mulai berubah, mulai membiasakan diri untuk melakukan Tindakan atau perkataan yang sifatnya positif.

5. Mantapkan niat dan renungkan makna ramadhan

Memantapkan niat tentu penting, karena bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memperkuat keimanan kita dan libih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain itu Ramadhan juga butuh tujuan sama sepeti hidup. Bagus sekali jika kita sudah menanamkan tujuan ramadhan di hati kita, sebab hal itu akan membantu kita untuk lebih semngat menjalanka ibadah pada bulan Ramadhan.

Baca juga : 7 Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan yang Harus Diketahui!

Berita Terkait

Momentum Bulan Ramadan, Kaula Muda Bekasi Inisiasi Gerakan Amal Yuk Berbagi

News

06 Mei 2021

Momentum Bulan Ramadan, Kaula Muda Bekasi Inisiasi Gerakan Amal Yuk Berbagi