Jurnalistika
Loading...

Ciri-ciri WhatsApp Disadap, Simak Agar Terhindar dari Kejahatan Siber

  • Sultan Alfharo

    22 Sep 2023 | 16:15 WIB

    Bagikan:

image

(Pexels/Anton)

jurnalistika.id – WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang populer di dunia, digunakan oleh miliaran orang untuk saling terhubung dan berkomunikasi. Namun, semakin berkembangnya teknologi, risiko kejahatan siber, seperti penyadapan pesan WhatsApp juga semakin meningkat.

Privasi dalam berkomunikasi dapat terancam jika akun WhatsApp kamu disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Karena itu, penting bagi pengguna WhatsApp untuk memahami ciri-ciri yang mungkin menunjukkan bahwa akun telah disadap. 

Ciri-ciri WhatsApp yang Disadap

Berikut adalah ciri-ciri WhatsApp yang telah disadap dan cara melindungi diri dari ancaman kejahatan siber.

1. Perubahan yang Tidak Biasa dalam Pengaturan Akun

Ciri pertama penyadapan adalah terdapat perubahan yang tidak kamu lakukan dalam pengaturan akun. Misalnya, seperti nomor telepon yang diganti atau email yang terkait dengan akun WhatsApp berbeda.

2. Keluar dari WhatsApp

Jika akun WhatsApp kamu keluar secara otomatis, ini bisa jadi ada indikasi perangkat lain yang mencoba masuk ke akun Whatsapp. Kamu dapat mengetahui perangkat lain yang masuk ke Whatsapp dengan mengakses tiga titik di WhatsApp Web.

3. Pesan yang Tidak Terkirim atau Terlambat Terkirim

Pesan tidak terkirim atau mengalami keterlambatan yang tidak biasa, menjadi tanda bahwa ada aktivitas yang mencurigakan di dalam akun WhatsApp.

4. Konsumsi Data yang Tidak Wajar

Penyadapan dapat mengakibatkan penggunaan data yang tidak wajar. Apabila kamu melihat lonjakan dalam penggunaan data seluler tanpa alasan yang jelas, kemungkinan besar akun WhatsApp telah disadap.

5. Sesi Aktif yang Tidak Dikenal

WhatsApp memungkinkan kita untuk mengakses akun melalui WhatsApp Web. Jika kamu melihat sesi aktif yang tidak dikenali di daftar perangkat yang terhubung, ini dapat menjadi tanda penyadapan.

6. Pesan yang Dibaca Tanpa Tanda Centang Biru

Pesan yang telah dibaca biasanya ditandai dengan centang biru. Jika pesan sudah dibaca oleh penerima tetapi tidak ada tanda centang biru.

Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa pesan telah diakses oleh pihak ketiga.

Cara Melindungi Diri dari Penyadapan WhatsApp

Berikut adalah cara melindungi diri dari penyadapan WhatsApp.

1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi dua langkah adalah lapisan keamanan tambahan yang akan melindungi akun WhatsApp kita. Aktifkan fitur ini melalui pengaturan WhatsApp demi menjaga privasi dan keamanan diri dari kejahatan siber.

2. Jaga Kerahasiaan Kode Verifikasi

Jangan pernah memberikan kode verifikasi dua langkah kepada siapa pun. Kode ini harus tetap rahasia. Apabila kamu memberikan kode ini kepada seseorang, maka orang tersebut dapat mengakses akun WhatsApp kamu dengan bebas,

3. Log Out/Keluar dari Perangkat yang Tidak Dikenal

Secara berkala, periksa daftar perangkat yang terhubung ke akun WhatsApp kamu dan keluarkan akun dari perangkat yang tidak dikenali.

4. Periksa Aktivitas Akun Anda

Selalu periksa aktivitas akun WhatsApp, hal ini dilakukan untuk mencari tanda-tanda yang mencurigakan. Selalu waspada terhadap penyadapan, karena kita tidak tahu kejahatan apa yang akan dilakukannya kepada kita.

5. Hati-hati dengan Tautan dan Berkas yang Dikirimkan

Hindari menekan tautan atau membuka berkas yang dikirimkan oleh kontak tidak dikenal. Selain penyadapan, berkas tersebut juga bisa menjadi virus yang akan merusak perangkat kamu.

Sebagai pelengkap informasi, berikut adalah cara untuk mengaktifkan fitur keamanan two-step verification. Fitur ini membutuhkan PIN yang diatur oleh pengguna agar bisa masuk ke akun WhatsApp.

Menjadikan akun WhatsApp milikmu lebih terjamin privasi dan keamanannya. Berikut langkah-langkah mengaktifkan Verifikasi dua langkah.

  1. Klik ikon tiga titik di aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih Settings.
  3. Masuk ke pengaturan Account.
  4. Pilih Two-step verification atau Verifikasi dua langkah.
  5. WhatsApp akan meminta kamu untuk  mengaktifkan two-step verification dengan PIN.
  6. Pilih Enable untuk mengaktifkan fitur.
  7. Buat PIN, masukkan enam digit sesuai dengan keinginan.
  8. Berikutnya kamu akan diminta untuk memasukkan alamat email yang terhubung dengan akun. Ini bertujuan untuk memberitahukan kamu, jika suatu saat ingin mengganti PIN.

Keamanan dalam berkomunikasi sangat penting dalam era digital ini. Kenali ciri-ciri penyadapan WhatsApp dan ikuti langkah-langkah perlindungan yang tepat.

Selalu ingat untuk tetap waspada dan memperbarui pengaturan keamanan secara berkala agar tetap aman berselancar di dunia maya.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

siber

WhatsApp


Konten Sponsor

Populer

Libur Lebaran Berakhir, Berikut Sisa Cuti dan Tanggal Merah di 2024
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami