Jurnalistika
Loading...

7 Tips Menghilangkan Gugup Saat Presentasi di Kelas

  • Jurnalistika

    04 Okt 2023 | 12:45 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi seorang wanita sedang presentasi di kelas. (Pexels/Mikael Blomkvist)

jurnalistika.id – Presentasi adalah kegiatan yang umum dilakukan di kelas, baik itu dalam bentuk tugas, proyek, maupun seminar. Kegiatan ini juga sudah biasa ditemukan di tingkat pendidikan SMP, SMA hingga bangku kuliah.

Bagi sebagian orang menghadapi situasi ini bisa menimbulkan rasa gugup yang besar. Walaupun gugup sebenarnya adalah reaksi alami tubuh terhadap situasi yang dianggap menegangkan.

Namun, jika perasaan gugup terus menguasai diri saat melakukan presentasi di kelas, bisa berakibat pesan yang disampaikan tidak maksimal. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips-tips mengatasi situasi ini.

7 Tips Menghilangkan Gugup Saat Presentasi di Kelas

Berikut tujuh tips yang bisa diikuti untuk menghilangkan gugup saat presentasi di kelas, baik untuk anak SMP, SMA, SMK maupun kuliah.

1. Persiapkan Materi dengan Baik dan Kuasai

Persiapkan materi dengan baik, pahami isinya, dan buat catatan ringkas sebagai pembimbing selama presentasi. Semakin familiar dengan materi, maka kamu juga akan semakin percaya diri saat berbicara di depan kelas.

Baca juga: 5 Cara Efektif Agar Berhenti Ngorok Saat Tidur

Jangan remehkan untuk menguasai materi, meskipun kamu merasa sudah khatam. Sangat penting untuk melihat kembali saat mendekati waktu presentasi.

2. Latihan Berulang-ulang

Praktek sangat dibutuhkan dalam mengatasi gugup. Bisa mencoba latihan presentasi di depan cermin atau teman-teman dekat untuk meningkatkan rasa percaya diri. Dengan sering berlatih, kamu akan lebih terbiasa dengan ritme presentasi dan dapat mengatasi gugup.

3. Bernapas dengan Dalam dan Teratur

Teknik pernapasan yang baik adalah cara ampuh untuk meredakan kecemasan. Sebelum presentasi, lakukan beberapa napas dalam-dalam. Cara ini akan membantu menenangkan saraf dan memusatkan pikiran.

4. Fokus pada Pesan yang Ingin Disampaikan

Alihkan perhatian dari kecemasan pada pesan yang ingin kamu sampaikan. Ingatkan diri sendiri bahwa presentasi tujuannya untuk berbagi informasi atau ide.

5. Gunakan Bahasa Tubuh yang Tepat

Bahasa tubuh atau body language merupakan poin penting untuk membuat presentasi lebih berkesan, juga bisa mempengaruhi kepercayaan diri. Tersenyum, berbicara dengan jelas, dan tunjukkan sikap tubuh yang tidak kaku. Hal ini akan membantumu terlihat lebih tenang dan meyakinkan di mata pendengar.

6. Audiens Bukan Boneka, Jadi Libatkan Mereka

Melibatkan audiens dalam presentasi di kelas adalah kunci untuk menciptakan pengalaman yang interaktif dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang disampaikan. Pertamfa-tama, penting untuk menciptakan suasana yang ramah dan terbuka.

Sapa audiens dengan senyuman, beri salam, dan cobalah untuk bersikap santai agar mereka merasa nyaman. Gunakan pertanyaan terbuka atau ungkapkan pernyataan yang memancing pemikiran untuk memulai interaksi.

Selain itu, melibatkan audiens dapat dilakukan dengan cara mendorong partisipasi aktif, misalnya meminta mereka berbagi pengalaman atau pandangan mereka terkait topik presentasi. Dengan cara ini, presentasi menjadi lebih dinamis, dan audiens merasa bahwa pendapat mereka dihargai.

7. Yakin pada Diri Sendiri

Poin terakhir tidak kalah penting  yakinlah pada diri sendiri dan kemampuan yang dimiliki. Ingatkan diri bahwa kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik. 

Percayalah kalau kamu mampu memberikan presentasi yang baik dan bermanfaat. Cara ini akan mengubah pikiran dan secara otomatis membuat diri lebih pede.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghilangkan gugup saat mendapat tugas presentasi di depan kelas. Latihan dan memahami materi adalah hal yang paling penting.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

cara menghilangkan gugup

kelas

presentasi


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami