Jurnalistika
Loading...

5 Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Berkerak Agar Kinclong Kembali

  • Jurnalistika

    18 Okt 2023 | 16:55 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi kamar mandi kinclong tanpa kerak. (Pixabay/midascode)

jurnalistika.id – Keramik kamar mandi berkerak dan menguning merupakan pemandangan yang tidak enak dilihat dan bisa mengganggu kenyamanan saat menggunakannya. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan keramik kamar mandi berkerak agar terlihat kinclong kembali.

Namun, sebelumnya perlu diketahui kamar mandi berkerak bisa disebabkan oleh beberapa hal. Seperti akibat paparan udara yang membuat ruangan ini menjadi lembab sehingga memicu pertumbuhan jamur.

Bisa juga disebabkan debu dan kotoran yang terbawa di kaki saat beraktivitas di luar, sisa sabun, hingga lumut di sela-sela keramik. Selain itu, kalau jarang membersihkan kamar mandi bisa dipastikan bakal membuat keramik berkerak.

Baca juga: 9 Cara Mengoptimalkan Profil LinkedIn untuk Memikat Recruiter

Jika menemukan keramik kamar mandi di rumah sudah terlanjur berkerak. Jangan panik, karena kamu bisa mencoba beberapa cara agar membuatnya terlihat kinclong lagi.

5 Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Berkerak

Berikut lima cara yang bisa kamu terapkan untuk membersihkan kamar mandi yang keramiknya sudah berkerak.

1. Gunakan Cuka Putih Sebagai Pembersih Alami

Cuka putih adalah bahan alami yang dipercaya efektif dalam membersihkan keramik kamar mandi. Karena cuka putih memiliki kandungan desinfektan alami yang dapat bekerja dengan baik sebagai pembersih ubin.

Caranya, larutkan sekitar setengah cangkir cuka putih ke dalam satu liter air hangat. Semprotkan campuran itu ke area berkerak atau bisa langsung tuang ke atas permukaan keramik dan tunggu 10-15 menit, setelah itu sikat dan lap hingga bersih.

Baca juga: Sering Gelisah Menjelang Ujian? 6 Tips ini Wajib Kamu Coba!

Namun, penting untuk diingat cara ini mungkin tidak bekerja pada ubin yang terbuat dari batu alam. Misalnya marmer, granit, ataupun travertine.

2. Bersihkan Kerak dengan Larutan Baking Soda

Cara selanjutnya, kandungan natrium bikarbonat dalam baking soda juga diyakini dapat membuat keramik berkerak kembali kinclong. Langkahnya cukup taburkan bahan ini ke bagian yang ingin dibersihkan, kemudian tunggu beberapa menit lalu gosok dan bilas dengan air panas sampai bersih.

3. Menyemprotkan Cairan Jus Lemon

Ternyata selain memiliki sejumlah kandungan yang baik untuk tubuh, jus lemon juga bisa dipakai sebagai alternatif pembersih keramik kamar mandi karena terdapat asam alami di dalamnya. Cukup semprotkan jus lemon ke atas keramik, lalu bersihkan dengan lap kering.

4. Kaporit Ampuh Membersihkan Kerak

Berikutnya, sebagai bahan kimia yang lazim dipakai sebagai desinfektan air. Kaporit juga bisa digunakan untuk membersihkan kerak lantai kamar mandi. Caranya, siram lantai dengan air panas, taburkan bubuk kaporit dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu gosok dan bilas hingga bersih.

5. Pakai Sabun Pembersih Khusus Kamar Mandi

Ada banyak sabun pembersih khusus kamar mandi yang tersedia di pasaran. Biasanya mengandung bahan-bahan yang dirancang khusus untuk menghilangkan kerak dan mempertahankan kilau keramik. Ikuti petunjuk penggunaan pada kemasan produk untuk hasil yang optimal.

Itulah beberapa yang cara yang bisa kamu ikuti untuk membuat keramik kamar mandi kembali berkilau. Tetapi penting juga untuk selalu membersihkan lantai kamar mandi secara rutin.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

cara membersihkan kamar mandi

cara membersihkan kerak

kamar mandi

keramik berkerak


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami