Jurnalistika
Loading...

Cara Mudah Pakai Share Location WhatsApp untuk Update Lokasi Terkini

  • Sultan Alfharo

    20 Sep 2023 | 16:35 WIB

    Bagikan:

image

(Pexels/Anton)

jurnalistika.id – WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Selain dapat berbicara dengan teman dan keluarga, kamu juga bisa membagikan lokasi terkini dengan fitur Share Location.

Fitur berbagi lokasi ini sangat berguna ketika kamu ingin memberitahu seseorang dimana lokasi kamu berada sekarang.

Fitur berbagi lokasi telah tersedia untuk semua pengguna smartphone, baik Android dan iOS. Kamu bisa membagikan lokasi terkini secara real-time, dan tidak. Hal ini tentu mempermudah pengguna untuk menemukan dan mencari lokasi tujuan.

Berikut langkah-langkah untuk membagikan lokasi terkini di fitur WhatsApp Share Location.

WhatsApp Share Location

1. Buka aplikasi WhatsApp dan pilih obrolan dengan kontak atau grup yang ingin kamu bagikan lokasi.

2. Ketuk Ikon Lampiran (Attachment), pada bagian bawah layar, kamu akan melihat ikon attachment. Biasanya berbentuk semacam penjepit kertas, pilih ikon tersebut untuk membuka menu attachment.

3. Pilih Lokasi atau Location setelah kamu membuka menu attachment. Pada menu, kamu akan melihat beberapa opsi seperti ‘Bagikan lokasi terkini’ atau ‘Share live location’.

4. Pilih ‘Bagikan lokasi terkini’. Aplikasi akan membuka peta yang menunjukkan lokasi kamu saat ini. Kamu dapat memilih apakah ingin membagikan lokasi dalam waktu nyata Real-time Location Sharing atau lokasi statis.

5. Pilih Durasi Bagikan Lokasi, jika kamu memilih untuk membagikan lokasi dalam waktu nyata, kamu dapat memilih berapa lama durasi membagikannya. Pilihan durasi pembagian lokasi antara 15 menit, 1 jam, dan 8 jam.

6. Ketuk “Kirim” (Send), setelah kamu memilih durasi, pilih “Kirim.” WhatsApp akan mengirimkan pesan yang berisi tautan ke lokasi, kepada penerima.

7. Penerima lokasi akan mendapatkan tautan ke lokasi yang kamu kirimkan. Penerima dapat langsung menekan tautan untuk mengetahui lokasi terkini.

Jika kamu membagikan lokasi dalam waktu nyata dan ingin menghentikan berbagi, pilih opsi “Hentikan Berbagi Lokasi”. Itulah cara mudah menggunakan fitur Share Location WhatsApp untuk membagikan lokasi terkini. 

Perlu diingat, untuk menggunakan fitur ini kamu harus mengaktifkan GPS ponsel terlebih dahulu. Untuk mengaktifkannya, pergi ke pengaturan ponsel dan klik menu lokasi. Kamu dapat merubahnya menjadi aktif, atau nonaktif sesuai kebutuhan.

Fitur Share Location sangat praktis dan aman digunakan untuk membantu orang lain menemukan lokasi kamu. Tetapi, Ingatlah untuk selalu menggunakan fitur-fitur seperti ini dengan bijak dan hanya membagikan lokasi kepada orang-orang yang kamu percayai.

Kamu harus selalu waspada akan kejahatan siber. Pelaku kejahatan siber dapat menggunakan lokasi kamu untuk melakukan aksi penipuan atau aksi merugikan lainnya.

Baca berita lainnya di Google News, klik di sini.

WhatsApp


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami