Jurnalistika
Loading...

AI Merajalela, Bill Gates Bocorkan 3 Pekerjaan Paling Kebal di Masa Depan

  • Arief Rahman

    17 Apr 2024 | 11:25 WIB

    Bagikan:

image

Pendiri Microsoft, Bill Gate. (Dok. depositphotos.com)

jurnalistika.id – Kemajuan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) terus mengalami perkembangan. Bahkan hampir telah menyentuh sebagian banyak karier manusia.

Pendiri perusahaan teknologi raksasa Microsoft, Bill Gates, juga mengungkapkan bahwa ia sangat optimis akan perkembangan AI. Menurutnya, inovasi tersebut akan membawa perubahan semua orang dalam lima tahun ke depan, termasuk perusahaan.

Namun, di balik perkembangan AI yang terus merajalela timbul kekhawatiran akan menghilangkan jutaan lapangan kerja di seluruh dunia. Mengacu pada data Dana Moneter Internasional (IMF) pada Minggu (14/1/2024) sekitar 40 persen pekerjaan di seluruh dunia dapat terkena dampak.

Baca juga: Inilah 4 Alasan Teknologi Cloud Gaming Bisa Ubah Game Jadi Lebih Seru

Gates berpandangan, laporan IMF bisa saja terjadi. Kendati demikian jika melihat perjalanan sejarah, setiap teknologi baru akan menimbulkan ketakutan dan peluang bagi manusia.

Ia mencontohkan dengan meningkatnya produktivitas pertanian pada era 1900-an. Pada saat itu, sempat membuat orang-orang bingung dan khawatir akan digantikan oleh mesin.

Namun, faktanya banyak hal baru dan pekerjaan baru yang diciptakan. Bahkan menurutnya, keadaan menjadi lebih baik.

“Banyak kategori pekerjaan baru yang diciptakan dan keadaan kita jauh lebih baik dibandingkan ketika semua orang melakukan pekerjaan di pertanian,” kata Gates dilansir dari CNN pada Rabu (17/4/2024).

Bill Gates Bocorkan 3 Pekerjaan yang Bakal Kebal AI

Serupa seperti era sekarang, menurut Bill Gates ada tiga bidang pekerjaan yang tidak akan tergerus oleh masifnya perkembangan AI.

Salah satu orang terkaya di dunia itu berpandangan, tiga bidang tersebut relatif aman bagi lulusan baru untuk meniti karier di tengah dunia teknologi buatan.

Adapun tiga pekerjaan yang dimaksud Gates adalah bidang energi alternatif, biosains kesehatan, dan memajukan kecerdasan buatan itu sendiri.

Pendiri Microsoft itu menjelaskan, energi alternatif akan membantu membangun lingkungan yang bersih dengan harga terjangkau. Hal ini sangat penting untuk memerangi kemiskinan dan perubahan iklim.

Lalu biosains kesehatan, Gates memprediksi akan tetap menjadi jalur karier yang layak dan bermanfaat. Sebab penuh dengan peluang untuk membantu orang hidup lebih lama dan sehat.

“Serangkaian keterampilan dan produk yang akan selalu diminati,” tuturnya.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Artificial Intelligence (AI)

Bill Gates

Kecerdasan Buatan


Populer

Sejarah Kesultanan Banten Ubah Jalan Perdagangan Nusantara
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami