Jurnalistika
Loading...

6 Cara Ampuh Melindungi Laptop dari Serangan Virus

  • Arief Rahman

    01 Mar 2024 | 16:25 WIB

    Bagikan:

image

Cara melindungi laptop dari serangan virus. (Jurnalistika/Arief Rahman)

jurnalistika.id – Melindungi laptop dari serangan virus sangat penting dilakukan sebagai cara menjaga performa perangkat ini. Berguna juga untuk membuat pemakaian laptop tetap awet.

Jika virus menyerang laptop, bisa menyebabkan kerusakan serius pada sistem. Bahkan hal terburuknya bisa membuat pengguna kehilangan data berharga, pencurian identitas atau bahkan merusak hardware

6 Cara Ampuh Melindungi Laptop dari Serangan Virus

Berikut adalah beberapa cara untuk melindungi laptop dari serangan virus yang bisa dilakukan dengan mudah.

1. Perbarui Sistem Operasi dan Perangkat Lunak

Pengembang dari sistem operasi dan perangkat lunak biasanya selalu melakukan pembaruan keamanan. Tujuannya agar pengguna terlindungi dari potensi serangan virus.

Baca juga: Hindari 5 Kebiasaan Sepele Ini Jika Tak Ingin Keyboard Laptop Kamu Cepat Rusak

Maka penting untuk selalu memperbaharui sistem operasi perangkat lunak ke versi terbaru. Dengan cara ini, laptop bisa lebih terjaga dari serangan virus yang memanfaatkan kerentanan yang sudah diketahui.

2. Hindari Mengklik Tautan atau Lampiran Mencurigakan

Virus bisa disebarkan melalui tautan atau lampiran yang mencurigakan. Misalnya melalui email, pesan instans, atau situs web tidak terpercaya yang dikunjungi setiap hari.

Jadi, hindari mengklik tautan atau lampiran yang terlihat mencurigakan. Terutama jika sumbernya tidak dikenali, selalu lakukan pemeriksaan sebelum mengklik.

3. Pasang Firewall di Laptop

Firewall adalah alat yang efektif untuk melindungi laptop dari serangan jaringan yang mencoba memanfaatkan kerentanan dalam sistem. Pastikan untuk mengaktifkan firewall bawaan di sistem operasi.

Jika tidak, bisa instal firewall pihak ketiga yang lebih canggih untuk meningkatkan perlindungan jaringan. Namun, tentu saja hati-hati juga memilih firewall yang ada, dan jangan tergiur yang gratis dan tidak terpercaya.

4. Terapkan Penjagaan Ketat Terhadap Keamanan Fisik

Jangan lupakan perlindungan fisik untuk laptop. Seperti menggunakan kata sandi yang kuat untuk mengunci laptop saat tidak digunakan.

Baca juga: 5 Penyebab Touchpad Laptop Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya

Hindari meninggalkan laptop tanpa pengawasan di tempat umum. Jika perlu, pertimbangkan juga untuk menggunakan kunci fisik laptop ketika sedang berpergian.

5. Install Antivirus Terpercaya

Memasang antivirus di laptop adalah cara lain untuk melindungi laptop dari serangan virus. Tapi, pilihlah antivirus yang terpercaya dan sudah terbukti banyak dimanfaatkan banyak orang.

6. Backup Data Secara Berkala

Tujuan mencadangkan data secara berkala adalah untuk membantu mengurangi risiko kehilangan data. Sebab, tidak ada sistem yang benar-benar aman terhadap ancaman.

Apabila sewaktu-waktu virus menyerang laptop tapi belum mencadangkan data, maka potensi kehilangan bisa besar. Untuk itu, lebih baik mencegah sebelum terjadi.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

laptop

Virus

virus laptop


Konten Sponsor

Populer

Libur Lebaran Berakhir, Berikut Sisa Cuti dan Tanggal Merah di 2024
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami