Jurnalistika
Loading...

5 Cara Mengatasi Komputer Sering Hang Paling Ampuh

  • Arief Rahman

    27 Apr 2024 | 12:35 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi mengatasi komputer hang. (Pixabay/janeb113)

jurnalistika.id – Komputer atau laptop hang adalah permasalahan yang sering terjadi. Dampak paling biasa membuat kinerja perangkat menjadi lambat yang terkadang membuat frustrasi.

Ketika komputer mengalami hang, aktivitas sehari-hari seperti bekerja, berselancar di internet atau bahan bermain game bisa terganggu. Namun, kamu tidak perlu memusingkannya karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

5 Cara Mengatasi Komputer Hang

Berikut beberapa cara mengatasi komputer yang sering hang.

1. Membersihkan File Sementara dan Memori Cache

Salah satu alasan utama mengapa komputer bisa mengalami hang adalah karena akumulasi file sementara dan cache yang menumpuk. Setiap kali menjelajahi internet atau menggunakan aplikasi, komputer menyimpan data sementara untuk mempercepat proses selanjutnya.

Baca juga: Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Ponsel atau Komputer

Namun, jika tidak dibersihkan secara teratur, file-file ini dapat menghabiskan ruang memori yang berharga dan memperlambat kinerja komputer. Kamu bisa menggunakan utilitas pembersih seperti CCleaner untuk membersihkannya.

2. Memperbarui Driver Perangkat Keras

Jika driver perangkat keras sudah usang atau tidak kompatibel dengan sistem operasi yang digunakan, dapat menyebabkan konflik dan menyebabkan komputer menjadi hang. Cara mengatasinya, lakukan pembaharuan secara teratur.

Pastikan untuk memperbaharui melalui situs resmi perangkat yang digunakan. Tujuannya untuk menghindari virus atau perangkat tiruan.

3. Mengurangi Beban pada Startup

Komputer yang lambat bisa disebabkan oleh terlalu banyak program yang berjalan pada saat startup. Saat menyalakan komputer, banyak program cenderung secara otomatis dimulai, yang dapat membebani sumber daya sistem dan memperlambat kinerja komputer.

Baca juga: 5 Rekomendasi Taman di Tangsel yang Cocok untuk Liburan Kecil Keluarga di Akhir Pekan

Kamu dapat mengurangi jumlah program yang dimulai secara otomatis saat startup. Caranya dengan menggunakan utilitas sistem bawaan atau aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengelola startup item.

4. Memperbaiki Masalah Perangkat Keras

Pastikan selalu memeriksa suhu sistem secara teratur dan membersihkan debu yang mungkin menumpuk di dalam casing komputer. Selain itu, jika mencurigai bahwa komputer mengalami masalah perangkat keras, segera hubungi teknisi komputer profesional untuk pemeriksaan lebih lanjut.

5. Memanfaatkan Antivirus dan Antimalware

Terkadang komputer yang sering mengalami hang disebabkan oleh infeksi malware atau virus yang tidak diinginkan. Malware dapat menyebabkan komputer menjadi lambat atau bahkan menghentikan kinerja sistem secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Membersihkan Keyboard Komputer dengan 4 Langkah Mudah

Atasi dengan mengunduh dan menginstall aplikasi antivirus serta antimalware. Selain itu, hindari mengunduh atau mengklik tautan yang mencurigakan, dan pastikan hanya menginstal perangkat lunak dari sumber yang terpercaya.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di sini.

komputer

komputer hang

laptop

masalah komputer


Populer

Sejarah Kesultanan Banten Ubah Jalan Perdagangan Nusantara
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami