Jurnalistika
Loading...

Menag Yaqut Puji Keberhasilan Arab Saudi dalam Penyelenggaraan Haji 2024

  • Jurnalistika

    26 Jun 2024 | 14:45 WIB

    Bagikan:

image

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (kedua dari kanan) melaksanakan umrah wajib di Mekah, Arab Saudi pada 10 Juni 2024. (Antara Photo/Sigid Kurniawan)

jurnalistika.id – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memuji Arab Saudi atas penyelenggaraan ibadah Haji 2024 yang berjalan lancar. Yaqut menyampaikan terima kasih kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman atas kepemimpinan mereka.

Yaqut juga menghargai layanan Pemerintah Arab Saudi, khususnya Kementerian Haji dan Umrah, kepada para jemaah haji Indonesia.

“Atas nama Pemerintah Indonesia dan seluruh jemaah haji Indonesia, kami mengucapkan terima kasih,” ujarnya.

Inovasi Kartu Pintar Nusuk mempermudah identifikasi jemaah haji yang sah, memastikan kelancaran pelaksanaan ritual di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

Baca juga: Layanan Imigrasi Soekarno-Hatta Kembali Normal Pasca Serangan Ransomware

“Semua berjalan lancar karena hanya jemaah yang sah yang bisa melaksanakan ritual mereka dengan baik,” tambahnya.

Fasilitas fast track juga memberikan kemudahan besar bagi jemaah haji. Berkat adanya pemeriksaan imigrasi pra-keberangkatan di Indonesia juga membuat jemaah bisa langsung menuju hotel setibanya di Madina atau Jeddah.

Kerja sama dalam bidang kesehatan, keamanan, dan transparansi informasi antara Arab Saudi dan Indonesia juga diakui. Yaqut berharap keberhasilan ini terus berlanjut di masa mendatang.

Tahun ini, 234 jemaah haji Indonesia meninggal dunia, turun dari 750 tahun lalu. Sebanyak 40 jemaah meninggal saat pelaksanaan puncak ritual di Arafah, Muzdalifah, dan Mina pada 15-16 Juni. Setidaknya 1.081 jemaah dari berbagai negara meninggal karena suhu ekstrem.

Sumber

Haji 2024

menag Yaqut


Populer

Sejarah Kesultanan Banten Ubah Jalan Perdagangan Nusantara
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami