Jurnalistika
Loading...

4 Cara Kucing Berkomunikasi Satu Sama Lain, Ailurophile Harus Tahu!

  • Jurnalistika

    27 Feb 2024 | 12:55 WIB

    Bagikan:

image

Cara kucing berkomunikasi satu sama lain. (Pixabay/IlseOrsel)

jurnalistika.id – Para pecinta kucing atau yang biasa disebut Ailurophile harus mengetahui beberapa cara hewan peliharaan ini berkomunikasi satu sama lain. Sehingga ketika melihat anabul kesayangan melakukannya, kamu bisa mengerti.

Cara berkomunikasi kucing antara sesamanya terbilang unik, karena dilakukan dengan berbagai tindakan. Hal ini juga membuat kucing terlihat makin lucu.

4 Cara Kucing Berkomunikasi Satu Sama Lain

Berikut beberapa cara kucing berkomunikasi satu sama lain yang perlu kamu ketahui.

1. Berkomunikasi Lewat Suara

Kucing juga bisa berkomunikasi lewat suara, seperti dikutip dari Rover, beberapa kucing akan mengeong ketika memberikan salam kepada kucing lain. Sebagian ada juga mengeram, dan mendesis untuk memberitahu kucing lain agar mundur.

Biasanya pembicaraan bisa meningkat menjadi lebih defensif. Seperti geraman marah, longlongan, hingga longlongan sedih.

Baca juga: 5 Konser Musisi Luar Negeri di Indonesia pada Maret 2024

Namun, salah satu bentuk komunikasi vokal kucing yang paling terkenal dan rumit adalah dengkuran. Kucing sering kali mendengkur saat sedang gembira, namun juga mendengkur saat sedang tidak enak badan.

2. Melakukan Kontak Fisik dan Bahasa Tubuh

Kucing tidak cuma mengeong buat berkomunikasi. Mereka juga pake bahasa tubuh. Ada yang tidak suka ngeong buat menyapa, tapi lebih suka sopan lewat sentuhan hidung. 

Kalau mereka suka gesek-gesekan, itu tandanya mereka sayang-sayangan. Terus, kalo ekornya di gaya-gayain, itu artinya lagi memberikan sapaan ramah.

3. Bertukar Aroma

Dilansir dari PetMd, Kucing juga suka berkomunikasi pake aroma. Mereka bisa ngasih pesan atau menunjukkan perasaan lewat bau tubuh mereka.

Terutama melalui kelenjar di wajah, kaki, dan bokong mereka. Jadi, bisa dibilang aroma itu salah satu cara penting buat mereka berinteraksi sama sesama kucing dan lingkungan sekitarnya.

4. Menggunakan Urin

Terakhir, kucing bisa menggunakan urin untuk berkomunikasi. Mereka bisa meninggalkan jejak bau dari urin mereka di area tertentu.

Hal ini dilakukan untuk menandai wilayah mereka atau untuk menunjukkan status sosial. Jadi, sebenernya urin juga jadi salah satu cara mereka berinteraksi sama kucing lainnya.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

cara kucing berkomunikasi

kucing

kucing peliharaan


Konten Sponsor

Populer

5 Rekomendasi Restoran Tempat Bukber di BSD Tangsel, Lokasi dan Estimasi Harga
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami