Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam

  • Malik Abdul Aziz

    19 Jul 2021, 18:14 WIB

    Bagikan:

image

Foto: Kambing, Hewan kurban

Jurnalistika.id – Menyembelih hewan kurban merupakan syariat islam diambil dari sejarah dan diatur dalam Al-Qur’an dan Hadits. Momen setahun sekali dalam kalender Hijriah tersebut Umat Islam memotong hewan kurban untuk dibagi-bagikan.

Penyembelihan hewan kurban rata-rata dilakukan di halaman Mesjid. Jika perintah berkurban termaktub dalam Al-Qur’an surah Al Kautsar, maka tata cara berkurban termuat dalam beberapa hadits.

Meski banyak tukang potong kurban, tapi dalam keadaan pandemi Covid-19 banyak orang memilih untuk memotong sendiri karena tidak ingin membuat kerumunan.

Baca juga: Idul Adha Dirumah, Tata Cara dan Teknis Pelaksanaanya

Tata cara menyembelih hewan kurban sudah sepatutnya diketahui oleh setiap muslim. Hal ini agar daging kurban yang disembelih sesuai dengan syariat yang dianjurkan.

Pemotongan hewan kurban boleh dilakukan selepas salat Idul adha. Adapun batas akhir dari pemotongan hewan kurban ialah tanggal 13 Zulhijah. Artinya, masa pemotongan boleh dilakukan pada tanggal 10, 11, 12, dan 13 Zulhijah atau pada masa hari tasyrik.

Ada beberapa tata cara dalam penyembelihan hewan kurban sesuai syariat islam. Mulai dari cara pemotongan, sampai ketajaman pisau harus benar-benar diperhatikan

Cara Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam

  • Hewan yang akan disembelih direbahkan dengan kaki terikat. Hewan dihadapkan ke sebelah rusuk kirinya agar mudah dijegal.
  • Kemudian hewan kurban dihadapkan ke arah kiblat, begitu juga dengan proses pemotongan harus menghadap kiblat.
  • Pada penyembelihan, pisau harus memotong urat nadi dan kerongkongan yang ada di sebelah kiri dan kanan leher. Usahakan dalam sekali potong langsung memutus urat nadi dan kerongkongan agar hewan lekas mati.

Doa

  • Membaca basmalah
  • Membaca takbir tiga kali dan tahmid
    “Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, walillahil hamd,”
  • Membaca selawat Nabi
    “Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad, wa ala ali sayyidinâ Muhammad.”
  • Membaca doa menyembelih hewan kurban
    “Allahumma hadzihi minka wa ilaika, fataqabbal minni ya karim,”

hewan kurban

menyembelih

syariat islam