Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Cara Membersihkan Keyboard Komputer dengan 4 Langkah Mudah

  • Firmansyah

    01 Mei 2022, 04:21 WIB

    Bagikan:

image

Cara mudah membersihkan keyboard komputer (Foto: Jay Zhang on Unsplash)

jurnalitika.id – Seiring penggunaan, debu dan kotoran akan menempel pada papan keyboard komputer atau laptop. Jika itu kamu biarkan, tentunya bakal banyak masalah yang timbul pada saat mengoperasikan komputer.

Misalnya, remahan makanan yang terselip di sela keyboard komputer. Di samping tampak kotor, hal itu membuat tombol jadi sulit ditekan, bahkan terkadang akan membuat komputer menjadi tidak responsif. Belum lagi debu dan kotoran yang menempel, yang menyembunyikan berbagai bakteri dan virus.

Sebab itu, membersihkan papan keyboard komputer adalah hal penting untuk tetap higienis dan supaya tidak mengganggu aktifitasmu saat mengetik.

Nah, bagi kamu yang belum tahu cara membersihkan keyboard komputer yang aman, simak langkahnya berikut ini.

1. Pastikan Keyboard Tidak Tersambung ke Komputer

Langkah pertama untuk membersihkan keyboard yaitu pastikan mencabut kabel penghubung Keyboard ke komputer. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan. Selain itu, tentunya kamu tidak ingin kan saat membersihkan tanpa sengaja kamu mengetik kode tertentu sehingga komputermu error?

2. Posisikan Keyboard Terbalik

Sebelum mulai membersihkan, posisikan tombol keyboard berada di bawah. Ini berguna untuk mengeluarkan remahan makanan atau kotoran lain yang menyelip di sela keyboard.

Setelah itu, kamu bisa mengetuk bagian belakang keyboard secara perlahan untuk membantu mengeluarkan sisa kotoran yang menempel.

3. Gunakan Kuas Lembut

Salah satu alat yang mudah kamu temui untuk membersihkan keyboard komputer adalah kuas. Kuas itu bisa kamu dapatkan di Marketplace. Namun jika tidak sempat untuk membelinya, kamu juga bisa memanfaatkan sikat gigi yang bulunya masih halus.

Caranya arahkan sikat gigi itu ke sela-sela keyboard secara perlahan dan merata hingga tidak menyisakan kotoran. Setelah itu, lap keyboard dengan kain yang lembut seperti microfiber.

4. Manfaatkan Kain Microfiber

Penggunaan kain microfiber sangat berguna untuk membersihkan tombol dan area di sisi keyboard. Kain ini juga mudah kamu dapatkan di berbagai marketplace.

Untuk menggunakannya, basahi kain microfiber dengan air sedikit. Pastikan kamu tidak membasahi kain terlalu banyak untuk menghindari tetesan masuk ke keyboard dan merusak komponen di dalamnya.

Lalu usapkan secara merata ke seluruh bagian keyboard dan pastikan kain berubah warna yang menandakan kotoran sudah terangkat.

Baca berita dan informasi menarik lainnya di Google News

keyboard

komputer

Tips and trik