Senin, 24 Januari 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika
Jurnalistika

8 Inspirasi yang Bisa Kamu Jadikan Resolusi Tahun Ini!

  • Ninda Utami

    03 Jan 2021, 21:30 WIB

    Bagikan:

<p>Foto: Ilustrasi Resolusi </p>

Foto: Ilustrasi Resolusi

jurnalistika.id – Tahun demi tahun sudah terlewati, ini saatnya kita menyusun kembali inspirasi yang mungkin belum bisa terwujud. Sebuah inspirasi yang akan mengubah hidup menjadi bahagia, produktif serta positif.

Seorang pakar kesehatan dan gaya hidup sekaligus CEO di Island Sweat, Kafi A. Martin menyarankan untuk tetap fokus pada sesuatu yang dijalani. Singkatnya, pikirkan jangka panjang.

Nah, jika kamu sudah mulai termotivasi untuk menyusun resolusi tahun ini, berikut jurnalistika.id berikan 8 resolusi yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Tidur Lebih Cepat dan Berkualitas

Kebanyakan dari kita suka tidur larut malam demi menyelesaikan pekerjaan dari kantor, menonton serial favorit seperti drama korea atau pertandingan klub hingga lupa waktu. Padahal hal tersebut tidak baik bagi kesehatan kita.

Sebaliknya, tidur malam lebih cepat sekitar jam 9 atau 10 malam dapat memberi kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat dan terhindar dari risiko gangguan kesehatan. Salah satu cara agar kamu bisa tidur cepat yaitu dengan letakan smartphone mu atau jangan melakukan apapun 1 jam sebelum tidur.

2. Belajar Memasak

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki bagi wanita maupun pria adalah memasak. Jika kamu belum terbiasa masak, coba latihlah secara perlahan dengan memilih menu makanan yang mudah kamu buat.

“Kuncinya di sini adalah untuk tidak membebani diri sendiri dengan langsung mencoba memasak setiap makanan. Pilih satu makanan yang mudah dulu, kuasai lalu tambahkan yang lain.” tutur Martin.

3. Lebih Banyak Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Menghabiskan waktu bersama keluarga akan terasa sulit jika kamu tidak dapat membagi waktu karena sibuk bekerja.

Jika kamu ingin mencapai resolusi yang satu ini, kamu perlu luangkan waktumu untuk bersenang-senang bersama keluarga di hari libur, bahkan saat kamu pulang kerja untuk sekedar bersenda gurau atau menonton serial favorit keluarga.

4. Berhenti Menunda Pekerjaan

Hal yang dilakukan kebanyakan orang sehingga tidak dapat mencapai tujuan mereka adalah keinginan untuk bersantai dan melakukan sesuatu yang menyenangkan daripada bekerja keras.

Untuk menghindari hal tersebut, mulailah untuk mencatat semua kegiatan dan berikan deadline yang realistis untuk menyelesaikan setiap kegiatan yang ada di daftar itu.

5. Memiliki Berat Badan Ideal

Memiliki tubuh ideal adalah dambaan setiap orang terutama wanita. Daripada kamu hanya bicara “diet mulai besok”, lebih baik langsung jalankan dengan perlahan namun pasti.

Caranya dengan rutin berolahraga setidaknya 15-20 menit per hari dan perbaiki pola makan dengan minum banyak air putih serta ganti cemilan yang lebih sehat bagi tubuh.

6. Menjaga Stabilitas Cash Flow Pribadi

Ini adalah cara agar kamu dapat mengontrol uangmu dan memastikan bahwa uang tidak mengendalikan dirimu. Pikirkan anggaran sebagai kebebasan, finansial sebagai lawan dari pembatasan.

Untuk tetap berpegang pada resolusi ini, Martin menyarankan untuk siapkan hadiah bulanan kecil untuk diri kamu sebagai hadiah kesuksesanmu selama sebulan. Lalu foto hadiah tersebut (makanan, manikur, pakaian baru) dan pertahankan agar kamu tetap berada di jalur yang benar.

Sisihkan juga uangmu untuk menabung atau berinvestasi demi masa depan yang lebih cerah.

7. Berhenti Merokok

Resolusi ini mungkin lebih sulit daripada yang lain karena kecanduan tubuh kamu terhadap nikotin bisa sangat sulit untuk diatasi.

Jika kamu ingin berhenti, mulailah berinvestasi pada produk yang membantu melepaskan kamu dari kecanduan nikotin hingga dapat mengantisipasi munculnya gejala putus nikotin seperti rasa nyeri, mual, sakit kepala serta gelisah dalam rentang waktu 12-24 jam.

Setelah tubuh terbiasa bebas dari nikotin, gejala tersebut akan menghilang dengan sendirinya dan kamupun bisa terbebas dari rokok.

8. Memiliki Hobi Baru

Bekerja hampir seminggu penuh dan rutinitas yang jenuh, hanya akan membuat kamu rentan terkena stres. Salah satu cara menghindarinya, yaitu dengan mencoba hobi baru.

Agar kamu lebih semangat dalam menjalani tahun ini, pilihlah hobi lebih dari satu yang bisa menjauhkanmu dari stres dan me-refresh seperti buat vlog atau konten YouTube, memasak menu makanan baru, melukis, naik gunung, bermain game, hingga traveling.

Baca juga:

Gaya hidup

Inspirasi

Resolusi2021

Tahun Baru 2021

Tips and trik


Rekomendasi

Populer

Mencermati Komitmen Pemerintah Menjawab Tantangan Fiskal 2022