logo jurnalistika

Penting! Tips Untuk Sarjana Muda Yang Akan Melamar Kerja

Oleh

Firman Sy

pada

22 Jul 2021, 11:15 WIB

Penting! Tips Untuk Sarjana Muda Yang Akan Melamar Kerja
Ilustrasi/ sumber: Glints

Jurnalistika.id – Selamat datang di dunia sesungguhnya para sarjana muda! Hehe.. Hal penting yang perlu diingat, fase yang akan kamu hadapi setelah lulus dan bersiap untuk masuk dunia kerja tidak akan selalu mudah. Bukan untuk menakuti, tetapi, agar persiapan diri kamu untuk melangkah ke tahap tersebut maksimal.

Apalagi, wabah covid-19 saat ini tidak saja berdampak pada kesehatan, tetapi juga Ekonomi dan kelangsungan perusahaan dimana kamu ingin berkarya disana.

Namun, kamu tak perlu khawatir atau panik saat mencari kerja di masa pandemi ini . Karna tetap ada cara yang bisa kamu lakukan agar proses melamar kerja tetap bisa lancar.

Berikut ini hal yang harus kamu lakukan saat mencari kerja di tengah pandemi covid-19, terutama buat kamu yang  fresh-graduate :

  • Manfaatkan sumber daya kampus

Akibat pembatasan sosial sangat kecil kemungkinan perusahaan untuk mengadakan pameran lowongan kerja/Jobfair maka pertimbangkan untuk memanfaatkan pusat karier alias career center yang berada di Universitas kamu.

Selain itu, jika ada perkumpulan alumni, maka kamu juga bisa bergabung dalam grupnya di media sosial untuk memperoleh info terkini terkait soal pekerjaan.

  • Andalkan teknologi informasi

Di saat seperti ini, mengandalkan teknologi informasi terutama internet sangat membantu dan memudahkan kita untuk mencari dan melamar pekerjaan yang meskipun hanya dari rumah aja.

Ada beberapa situs lowongan kerja yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan informasi lowongan kerja, seperti Jobstreet. Untuk kamu yang di Tangsel dan ingin berkarir di kota itu kamu bisa mengandalkan website lokertangsel yang dapat memberikan informasi loker terbaru, pandemi saat ini jangan membuat kamu jadi malas atau putus asa mencari informasi lowongan kerja terbaru di internet.

Tips Melamar Kerja Bagi Sarjana Muda Lainnya

  • Latihan wawancara lewat video

Di tengah Pandemi, rasanya tak mungkin wawancara kerja dengan tatap muka. Karena itu, kamu harus mempersiapkan diri jika harus wawancara kerja lewat telepon atau aplikasi seperti Google Meet, Zoom, Skype atau lainnya.

Meskipun wawancara secara virtual, pastikan kamu tetap persiapkan diri selayaknya wawancara offline dengan tetap berpakaian rapi dan profesional. Lalu, jangan lupa melakukan riset tentang perusahaan dan berlatihlah menjawab pertanyaan.

  • Kembangkan keterampilan

Banyaknya perusahaan dan beberapa instansi yang tidak membuka lowongan kerja akan membuat kamu sedikit teruji dalam mencari pekerjaan.

Namun, dari sini kamu akan banyak belajar untuk bisa melewati tantangan ini. Secara tidak langsung, kamu akan terlatih menjadi generasi yang lebih kreatif dan inovatif.

Dengan keterampilan yang bisa kamu kembangkan seperti belajar mandiri melalui baca buku, nonton Youtube, hingga rajin ikut webinar atau pelatihan online.

Sebab, Tidaklah ada yang tahu mungkin dengan situasi seperti ini kamu bisa mendirikan peluang kerja baru untuk lainnya.

Yang terakhir, tetaplah jaga kesehatan diri sendiri dan orang-orang terdekat dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 5M.

Baca Juga: Lokertangsel.com, Website Lowongan Kerja Tangerang Selatan

Berita Terkait

PT Indofarma Global Medika Membuka Peluang Untuk Jasa Ekspedisi

News

29 Januari 2021

PT Indofarma Global Medika Membuka Peluang Untuk Jasa Ekspedisi