logo jurnalistika

Laptop Merah Putih, Pemerintah Kembangkan Infrastruktur TIK

Oleh

Malik Abdul Aziz

pada

23 Jul 2021, 22:14 WIB

Laptop Merah Putih, Pemerintah Kembangkan Infrastruktur TIK
Foto: ilustrasi Laptop Merah Putih

Jurnalistika.id – Saat ini Pemerintah Indonesia tengah merancang infrastruktur TIK (Teknologi, Informasi, dan Komunikasi), dan salah satu produk lokal yang dikembangkan adalah Laptop Merah Putih.

Hal tersebut di utarakan Menteri Koordinator Bidang Kamritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Pemerintah akan melakukan optimalisasi bidang TIK pada pendidikan.

“Pemerintah berupaya mempersiapkan riset dalam negeri untuk meningkatkan kandungan TKDN agar dapat memproduksi laptop Merah Putih mulai dari desain hingga pengembangannya,” ungkap Luhut dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/07/2021).

Baca juga: Hui Ka Yan Dijuluki Orang Terkaya di Asia, Punya Hutang Bertumpuk

lanjut, Luhut menjelaskan, bahwa indonesia tidak boleh tergantung dari negara lain, di era pandemi indonesia harus bisa memproduksi sendiri dan bangga dengan hasil karya anak bangsa yang hebat.

“Kalau kita lihat, laptop kini ada yang di produksi dalam negeri, yang dibuat ITB, ITS, dan UGM, bekerja sama dengan industri TIK dalam negeri untuk membentuk konsorsium, membuat produk tablet dan laptop merah putih dengan merek Dikti Edu,” ujarnya.

Dalam pembuatan laptop merah putih, pemerintah melibatkan produsen laptop dalam negeri seperti PT. Zyrexindo Mandiri Buana Tbk. (ZYRX).

Di samping itu, Luhut juga menyampaikan pemerintah berupaya memperkuat kemampuan riset dalam negeri untuk mendorong pembuatan laptop dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Baca juga: Mencuat Tania Ayu, Artis Berinisial TA yang Bertarif 30 JT

“Saya kira elok kalau ini sudah mulai bisa diluncurkan karena dengan jumlah pembelian tadi peningkatan penggunaan produk Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam negeri pada bidang pendidikan senilai Rp17 triliun selama beberapa tahun, saya kira sudah bisa dibangun industri sendiri,” pungkasnya.

Berita Terkait

Gangguan Jaringan Internet Telkomsel dan Indihome, Ini Penyebabnya

News

sehari yang lalu

Gangguan Jaringan Internet Telkomsel dan Indihome, Ini Penyebabnya

Ga Izin, Indro Kritik 3 Orang Peniru Warkop

Entertainment

18 September 2021

Ga Izin, Indro Kritik 3 Orang Peniru Warkop