Jurnalistika

Timnas Indonesia Gagal Melaju Ke Final Sea Games 2022

  • Hafizh Alfaritsi

    19 Mei 2022, 21:17 WIB

    Bagikan:

image

Timnas Indonesia U-23 (Dok: PSSI)

Jurnalistika.id – Timnas indonesia U-23 Indonesia gagal melaju ke babak final Sea Games 2022 setelah ditundukkan Thailand 0-1 di Stadion Thien Truong, Hanoi, kamis (19/5/2022).

Kekalahan ini membuat Indonesia kembali gagal mengulang kesuksesan pada 1991 di SEA Games Manila. Saat itu Indonesia menang 4-3 atas Thailand melalui adu penalti.

Sejak pertama kali ikut serta di SEA Games pada 1977, Tim Garuda Muda telah 23 kali menghadapi Thailand.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama untuk Indonesia pada menit kedua melalui tendangan bebas Marc Klok namun sepakannya masih melebar tipis di sisi kanan gawang.

Barisan belakang Indonesia begitu rapat sehingga Thailand tidak dapat mengembangkan permainan mereka di 10 menit babak pertama.

Di menit ke-13, Thailand akhirnya mampu lepaskan si kulit bundar ke dalam kotak penalti Indonesia.

Tapi umpan lambung dari Ekanit masih mudah diamankan kiper Ernando.

Egy Maulana Vikri dan kolega beberapa kali menciptakan peluang berbahaya meski tidak mengarah ke gawang langsung. Salah satunya melalui tandukan Rizki Ridho memanfaatkan tendangan bebas di menit ke-38.

Hingga Garuda muda mendapat hadiah tendangan bebas dipenghujung babak pertama, sayang tendangan bebas Egy masih belum menemui sasaran. Babak pertama pun berakhir 0-0.

Babak kedua, situasi 0-0 tidak juga berubah. Shin Tae-yong menyuntikan Syahrial Abimanyu dan Saddil Ramdani ke lapangan. Tenaga segar ini membuat fisik Garuda tetap terjaga dalam menghadapi Thailand.

Di kubu Thailand, Alexander Polking  memasukkan Patrik Gustavsson untuk menambah daya gedor timnya, penyerang bertinggi 187 cm yang di level klub berseragam IF Sylvia (Swedia). Total sudah 3 gol yang ia cetak sepanjang turnamen.

Baca juga: Indonesia U-23 Hadapi Thailand di Semifinal SEA Games 2022, Ajang Balas Dendam Piala AFF 2021?

Di menit ke-78 timnas mendapat peluang, Mark Klok menusuk ke depan gawang, namun sundulannya masih bisa diselamatkan kiper Thailand Kawin.

Dua menit kemudian, Abimanyu lagi-lagi lepas sepakan jarak jauh dari situasi set piece, Bola mengarah ke pojok atas kanan gawang, Kawin kembali menepisnya.

Saat babak kedua mendekati akhir, Indonesia mampu melancarkan tekanan ke pertahanan Thailand. Beberapa peluang didapatkan Indonesia, tetapi tidak ada yang berbuah gol.

Pertandingan pun dilanjutkan ke babak tambahan waktu. Sayang di babak perpanjangan waktu, gawang Ernando Ari harus dibobol oleh Weerathep Pomphun menit ke-95.

Pertandingan semakin berjalan panas pada babak kedua perpanjangan waktu, Wasit memberikan kartu kuning kedua pada pemain Thailand William Weidersjo karena melakukan pelanggaran.

Pada akhirnya timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand dengan menelan kekalahan tipis, 1-0. (hfs)

SEA Games

Sea Games 2022

Thailand U-23

Timnas Indonesia U-23


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami