Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Seperti Ini Komitmen Unpam Wujudkan Kampus Ramah Disabilitas

  • Firmansyah

    19 Jul 2022, 23:03 WIB

    Bagikan:

image

Lembaga Pelayanan Disabilitas bersama mahasiswa tunanetra yang meraih gelar Sarjana Komputer (Foto: Istimewa)

jurnalistika.id – Universitas Pamulang atau Unpam berkomitmen untuk menghadirkan pendidikan dan menjadi kampus yang inklusif dan ramah bagi disabilitas.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Drs (HC) H. Darsono saat meresmikan gedung Kampus 2 Unpam Viktor, pada Jumat 24 Juni 2022.

“Kita sangat bangga bisa menghantarkan mereka untuk dapat mengubah nasibnya melalui pendidikan yang Unpam berikan. Barangkali itulah sumbangsih kita bagi bangsa dan negara,” ucap Darsono pada kesempatan tersebut.

Sebagaimana diketahui, pendidikan yang ramah disabilitas dan berkualitas setara merupakan salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Unpam membentuk lembaga khusus untuk menaungi dan membantu mahasiswa disabilitas, yakni Pusat Layanan Disabilitas (PLD) pada tahun 2017.

Ketua PLD, Nani Rusnaini mengatakan, berdirinya lembaga yang kini ia pimpin itu merupakan respon atas kekhawatiran bahwa kaum disabilitas tidak bisa meraih pendidikan. Utamanya yang berkaitan dengan ilmu komputer.

Menurut Nani, Universitas Pamulang menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang membuka kesempatan bagi kaum disabilitas untuk bisa berkuliah di prodi Teknik Informatika.

“Unpam adalah satu-satunya universitas yang memberikan kesempatan pendidikan untuk tunanetra di Teknik Informatika. Dan dari Rektorat langsung memberikan fasilitas untuk pelayanan dengan mendirikan Pusat Layanan Disabilitas dengan SK (surat keputusan) rektor langsung,” katanya.

Nani menjelaskan, saat ini ada 52 mahasiswa disabilitas yang mendapatkan kesempatan belajar di 9 prodi di Universitas Pamulang.

Meski terbuka bagi semua disabilitas, Nani berkata bahwa saat ini pihaknya fokus ke dua disabilitas. Yakni Tunanetra dan Tunarungu. Selain itu, ada proses seleksi dengan kriteria tertentu bagi disabilitas yang betul-betul komitmen mengikuti pembelajaran di Unpam.

“Ada beberapa tahapan seleksi, mulai dari seleksi wawancara, seleksi tulis hingga seleksi praktik. Karena kan pembelajarannya melalui elektronik. Jadi harus memastikan bahwa mereka paham komputer untuk memudahkan mereka belajar,” tuturnya.

Di samping itu, Nani menambahkan, untuk memberikan layanan terbaik dan setara bagi kaum disabilitas, saat ini PLD memiliki tenaga pengajar yang berkualitas dengan berbagai program pembangunan untuk mengembangkan potensi mahasiswa disabilitas.

“Kita memberikan pelatihan kewirausahaan, pengembangan minat, training-training semua kita berikan untuk mereka betul-betul mendapatkan akses pendidikan yang mudah dan mewujudkan mimpinya,” jelasnya.

Prestasi mahasiswa disabilitas Unpam

Universitas Pamulang telah melahirkan satu sarjana komputer yang berstatus sebagai tunanetra. Sarjana tersebut yakni Aris Yohanes Elean. Mahasiswa disabilitas asal Jakarta Selatan ini bahkan berhasil meraih gelar wisudawan terbaik S1 Teknik Informatika pada wisuda UNPAM ke-86.

Foto, aris yohanes, sarjana komputer unpam penyandang disabilitas tunanetra
Aris Yohanes, mahasiswa disabilitas yang meraih gelar sarjana komputer di Unpam. (foto: istimewa)

“Harapan kami tentunya kami bisa memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik bagi kaum disabilitas. Untuk meraih mimpi mereka dengan berbagai fasilitas. Tapi hal ini harus didukung dengan kesungguhan mereka sendiri. Karena mimpi tidak bisa diwujukan kalau tidak ada mimpi dan kesungguhan,” pungkas Nani.

Baca juga: Wisuda Ke-86, Unpam Lahirkan Sarjana Komputer Tunanetra Pertama di Indonesia

Dapatkan berita pilihan jurnalistika.id setiap hari langsung ke ponsel di Grup Telegram “Sahabat Jurnalistika”. Mari bergabung dengan cara Klik link ini, kemudian join.

Disabilitas

pendidikan

pendidikan ramah disabilitas

Pusat Layanan Disabilitas Unpam

universitas pamulang

Unpam