Senin, 24 Januari 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika
Jurnalistika

Ponpes Daarul Qori’in, Ponpes Modern dengan Penggunaan Bahasa Asing

  • Zamzami Lafaf

    04 Jan 2022, 10:37 WIB

    Bagikan:

<p>Kyai Muhamad Rosyid Ridho </p>

Kyai Muhamad Rosyid Ridho

Jurnalistika.id – Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Qori’in (DARQI) merupakan pondok pesantren modern yang terkenal dengan penerapan pengunaan Bahasa asing (Arab dan Inggris).

Ponpes ini berdiri pada tahun 1993 oleh Alm. Drs. KH. Abdurrahman Hilal dengan visi mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas, beriman dan bertaqwa serta menguasai ilmu teknologi dan mampu mengaktualisasikannya kepada masyarakat.

Pondok DARQI yang saat ini dipimpin oleh Kyai Muhamad Rosyid Ridho menyelenggarakan pendidikan yang mengacu pada pendidikan Ponpes terkemuka di indonesia, yaitu Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur.

Jenjang pendidikan di pondok pesantren ini disebut dengan Kulliyatul-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI). KMI adalah jenjang pendidikan menengah yang setara dengan jenjang SMP dan SMA dengan masa belajar 3-6 tahun.

Dalam kegiatan pendidikan, pondok darqi mengajarkan Santrinya untuk belajar Bahasa Arab, Kitab Kuning, Djirasah Islamiyah, Ilmu Keguruan, Bahasa Inggris, Ilmu Pasti, IPA, IPS, dan keindonesiaan/Kewarganegaraan.

Selain itu, Pondok ini juga menyediakan Program Tahfidz Qur’an.

Pondok Darqi memiliki tenaga pengajar yang mumpuni dalam berbagai bidang yang berasal dari berbagai lulusan kampus dan pondok pesantren ternama seperti : Universitas Al-Azhar (Kairo-Mesir), Pondok Darussalam Gontor dan lain-lain.

Selain itu, Pondok ini juga memberikan kesempatan bagi lulusan terbaik untuk menjadi tenaga pengajar.

Tak hanya itu, Pondok DARQI telah berhasil mencetak alumni-alumni yang berkualitas dan mampu melanjutkan pendidikan ke luar negeri seperti : Universitas Al-Azhar (Kairo-Mesir), Jerman, Yaman serta Universitas dalam negeri lainnya.

Dalam dunia industri, alumni Pondok DARQI juga mampu bersaing dan bekerja di berbagai lembaga perkantoran yang tersebar di seluruh indonesia.

Fasilitas di Ponpes Daarul Qori’in

Pondok ini telah memiliki fasilitas lengkap seperti, Gedung Asrama untuk putra dan putri, koperasi, sarana olahraga, lab komputer. dll.

Adapun untuk informasi lebih lengkap tentang persyaratan dan pendaftaran, bisa langsung menghubungi nomor telepon berikut : 087773570612/087870395946.

Atau datang langsung ke Kantor Sekretariat Pondok di Jl. KH. Moch Idrus, Kp Cibereum, Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Baca juga: Mengenal SIJUM : Pelopor Berbagi Nasi Tiap Jumat yang Awalnya Amalan Keluarga

Pondok Darqi

Pondok Pesantren

Ponpes Daarul Qori’in


Rekomendasi

Populer

Mencermati Komitmen Pemerintah Menjawab Tantangan Fiskal 2022