logo jurnalistika

Kemendikbud: PJJ Membuat Siswa Stress karena Banyak Tugas

Oleh

Malik Abdul Aziz

pada

13 Agt 2020, 20:47 WIB

Kemendikbud: PJJ Membuat Siswa Stress karena Banyak Tugas
Kemendikbud: PJJ Membuat Siswa Stress karena Banyak Tugas.
Kabar24 – Bisnis.com

Jurnalistika.id – Kegiatan belajar-mengajar (KMB) tatap muka di sekolah pada zona hijau dan kuning Covid-19 telah di perbolehkan oleh Kemendikbud atas berbagai pertimbangan. Termasuk kekurangan dari sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar online.

Jumeri selaku Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud, mengatakan, salah satu dampak negatif tersebut adalah perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki perangkat elektronik memadai dan siswa yang tidak mempunyai.

“Pada PJJ ada kesenjangan hasil belajar antara kelompok yang punya perangkat media teknologi IT dengan yang tidak. Yang punya kesempatan itu akan punya kemampuan tinggi, sebaliknya bagi mereka yang tidak punya ada kesenjangan, disparitas peserta didik akan kesenjangannya makin jauh,” jelas Jumeri dalam konferensi pers virtual, Kamis (13/08/2020).

Baca juga: Belajar Mengajar Tatap Muka di Zona Hijau dan Kuning, Tidak Diharuskan

lanjutnya, ia menyapaikan kepada guru jangan hanya berfokus memenuhi target belajar online siswa yang sudah di tetapkan, dengan memberikan banyak tugas.

“Lalu masalah lain bapak ibu guru secara umum belum banyak dipahami, gagap teknologi, berfokus pada target, masih memberikan materi berupa penugasan, anak-anak merasa berat,” kata Jumeri.

Menurut Jumeri, beban tugas yang berat malah akan membuat siswa jenuh dan stres selama belajar online. Perlunya perhatian guru pada pemberian tugas kepada siswa dalam belajar online.

Baca juga: Muncul Klaster Covid-19 di Lingkung Sekolah, Ini Daftar Sekolahnya

“Yang terjadi adalah mereka (siswa) mengalami tekanan mental, jenuh, stres juga karena tugas yang banyak dari guru, lalu dia diisolasi di ruangan rumah. Kita tidak tahu semua (kondisi) rumah ideal untuk tempat tinggal anak-anak (untuk belajar),” tegasnya.

Berita Terkait

Gangguan Jaringan Internet Telkomsel dan Indihome, Ini Penyebabnya

News

sehari yang lalu

Gangguan Jaringan Internet Telkomsel dan Indihome, Ini Penyebabnya

Ga Izin, Indro Kritik 3 Orang Peniru Warkop

Entertainment

18 September 2021

Ga Izin, Indro Kritik 3 Orang Peniru Warkop