Jurnalistika

5 Kebiasaan Sederhana yang Akan Meningkatkan Kecerdasan

  • Anissa Purwa

    30 Jun 2022, 08:40 WIB

    Bagikan:

image

Kebiasaan membaca dipercaya sebagai kegiatan yang dapat meningkatan kecerdasan (foto: Eliott Reyna on Unsplash)

jurnalistika.id – Ingatan manusia, berapapun usianya, kerap melupakan ingatan yang penting. Karenanya, meningkatkan kecerdasan otak menjadi bagian penting untuk merawat ingatan.

Banyak cara efektif untuk melatih kemampuan kognitif seseorang agar bekerja dengan baik. Salah satunya dengan membaca yang dapat meningkatkan kemampuan mengingat.

5 kegiatan untuk meningkatkan kecerdasan otak agar lebih pintar

Berikut 5 hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kecerdasan. Simak baik-baik ya!

1. Senang membaca

Membaca pada dasarnya sangat mudah dilakukan. Kegiatan membaca merupakan kegiatan yang dapat melatih otak untuk menyerap dan mengingat sesuatu.

Ketika membaca, secara reflex alam bawah sadar seseorang akan mengingat segala hal yang berkaitan dengan apa yang sedang dibacanya.

Kebiasaan ini bisa kamu lakukan bahkan ketika sudah di usia tua untuk meningkatkan kemampuan mengingat.

2. Manfaatkan Internet sebijak mungkin

Kemajuan teknologi memudahkan setiap orang untuk mendapatkan bermacam-macam informasi. berbagai jenis sosial media juga dapat kamu gunakan untuk berinteraksi dengan siapa pun di belahan dunia mana pun.

Namun, jangan lupa ya kita juga harus bijak dalam menggunakan internet, oke!

3. Melatih otak dengan bermain games

Nah jangan lupa otak kita juga perlu hiburan ya guys. Supaya kecerdasan otak kita tetap meningkat, maka hiburan yang diperlukan merupakan kegiatan yang juga bisa melatih dan mengasah otak.

Salah satunya adalah melalui permainan seperti teka-teki silang, Sudoku, puzzle, atau permainan lainnya yang termasuk ke dalam brain games (games yang dapat mengasah otak). Aktivitas ini juga dipercaya dapat meningkatkan keterampilan bernalar dan berbahasa loh.

Baca juga: 7 Aplikasi Asah Otak Ini Akan Bantu Kamu Tetap Fokus

4. Memainkan alat musik

Sebuah penelitian menyatakan bahwa kegiatan memainkan music dapat melatihn kemampuan sensorik, berpikir, koordinasi fisik, dan daya ingat seseorang. Nah, kamu gak perlu khawatir ketika  kamu merasa kesulitan dalam belajar  memainkan alat musik, karena kamu tetap akan bisa merasakan manfaat musik dalam meningkatkan kecerdasanmu.

5. Istirahat yang cukup

Dikutip dari alodokter, bahwa beristirahat 7-9 jam tiap harinya adalah cukup dan penting untuk meningkatkan fungsi otak bekerja secara optimal.

Tidur bukan hanya sekedar memejamkan mata, namun juga ketika kita tertidur, otak akan memperkuat memori tentang berbagai hal yang telah kita lakukan sepanjang hari, dan juga mempersiapkan diri untuk mendapatkan hal-hal baru untuk esok hari.

Oleh karena itu, istirahat yang cukup juga merupakan satu cara untuk meningkatkan fungsi otak.

Itulah 5 hal yang cukup mudah kamu lakukan untuk meningkatkan kecerdasan agar kemampuan mengingat tetap optimal. Sangat mudah, bukan?

Ikuti berita jurnalistika.id lainnya di Google News, klik di sini

(anp)

fungsi otak

kebiasaan baik

membaca

meningkatkan kecerdasan

pendidikan