Senin, 24 Januari 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika
Jurnalistika

10 Kota Tertua di Dunia, Damaskus Dihuni Manusia Sejak 11.000 tahun SM

  • Ratu Masrana

    04 Jan 2022, 08:15 WIB

    Bagikan:

<p>Colosseum merupakan amfiteater terbesar di dunia yang dibangun pada tahun 72 M dan selesai pada 80 M (C) Lorenzo Marinelli on Unsplash</p>

Colosseum merupakan amfiteater terbesar di dunia yang dibangun pada tahun 72 M dan selesai pada 80 M (C) Lorenzo Marinelli on Unsplash

jurnalistika.id – Setiap kota di dunia memiliki ceritanya sendiri-sendiri. Kota-kota kuno memiliki lebih banyak kisah yang kaya dengan warisan budaya yang penting untuk kita ketahui.

Mereka memiliki sejarah yang menarik, arsitektur yang indah, dan memamerkan jejak peradaban manusia yang berkembang.

Penasaran kan, kota apa saja yang termasuk kota tertua di atas bumi ini?

Melansir laman educationworld.in, Berikut 10 kota tertua di dunia.

1. Damaskus, Suriah – 11.000 tahun

kota tertua di dunia
(C) laddin hammami on Unsplash

Juga disebut sebagai ibu kota budaya Arab, Damaskus adalah kota tertua di dunia yang telah menyaksikan banyak peradaban besar bangkit dan jatuh.

Menurut studi penelitian dan bukti sejarah, Damaskus pertama kali dihuni pada paruh kedua milenium ketujuh SM. Damaskus adalah kota tertua yang terus dihuni di dunia, dan merupakan pusat budaya terkemuka di dunia Arab.

Saat ini Damaskus adalah wilayah metropolitan dengan lebih dari dua juta penduduk dan dinobatkan sebagai Ibukota Kebudayaan Arab pada tahun 2008.

2. Aleppo, Suriah – 8.000 tahun

kota tertua di dunia
(C) Levi Meir Clancy on Unsplash

Aleppo berfungsi sebagai ibu kota pemerintahan Suriah, dan telah terus dihuni selama lebih dari 8.000 tahun. Adalah fakta bahwa sisa-sisa pemukiman manusia yang berasal dari 11.000 SM telah ditemukan di sana.

Aleppo sebenarnya terletak di antara Laut Mediterania dan Mesopotamia, dan karena lokasi geografisnya, Aleppo menjadi pusat perdagangan penting selama era kuno.

Namun, karena perang antara pemerintah dan pasukan pemberontak yang telah menewaskan ribuan orang dan memaksa banyak orang mengungsi dari rumah mereka, Aleppo menghadapi kehancuran sejak 2012.

3. Byblos, Lebanon – 7.000 tahun

Terletak sekitar 42 kilometer utara Beirut, Byblos adalah kota tertua dan terbesar di wilayah Gunung Lebanon di Lebanon. Diyakini pertama kali ditempati oleh manusia antara 8800 dan 7000 SM dan terus dihuni sejak 5000 SM.

Juga, Situs Warisan Dunia UNESCO, diyakini bahwa impor pertama papirus di Yunani terjadi di kota ini.

Kota ini juga merupakan keajaiban arkeologi karena lapisan puing-puing yang berurutan yang dihasilkan dari tempat tinggal manusia selama berabad-abad.

4. Argos, Yunani – 7.000 tahun

(C) Greak City times

Argos adalah sebuah kota di Argolis, Peloponnese, Yunani dan merupakan salah satu kota tertua yang terus dihuni di dunia.

Menurut penelitian, Argos tetap netral sepanjang sejarah, dan tidak berpartisipasi dalam Perang Yunani-Persia. Argos menampung sekitar 22.000 penduduk hari ini dan banyak monumen kuno dapat ditemukan di sini.

5. Athena, Yunani – 7.000 tahun

kota tertua di dunia
(C) Patrick on Unsplash

Athena adalah ibu kota dan kota terbesar di Yunani yang mendominasi wilayah Attica dengan kehadiran manusia paling awal dimulai di suatu tempat antara milenium ke-11 dan ke-7 SM. Kota ini juga merupakan rumah filsafat kuno dan tempat lahirnya peradaban Barat.

Kota ini bertahan dalam ujian waktu dan menjadi subjek kehancuran total setelah invasi Dorian dan Persia.

Saat ini, Athena adalah kota metropolitan yang luas dan ibu kota tertua di Eropa.

6. Susa, Iran – 6.300 tahun

Susa adalah kota kuno Proto-Elamite, dan salah satu kota terpenting di Timur Dekat Kuno (rumah dari peradaban awal dalam wilayah yang kira-kira sesuai dengan Timur Tengah modern).

Lokasinya dekat dengan Sungai Tigris dan karenanya menjadikannya salah satu kota terpenting di dunia kuno.

Diyakini bahwa kota itu pernah benar-benar dihancurkan oleh Asyur tetapi kemudian dengan cepat dibangun kembali dan kemudian kota ini menemukan hari-harinya yang paling mulia selama Kekaisaran Persia.

7. Erbil, Kurdistan Irak – 6.000 tahun

Erbil telah dihuni, selama ribuan tahun, oleh Persia, Yunani, Romawi, Mongol, dan Turki Ottoman. Di pusat kota, terdapat Benteng Erbil, juga dikenal sebagai Kastil Hawler yang merupakan bangunan kuno yang berasal dari tahun 2.000 SM.

Benteng Erbil, adalah gundukan buatan dan pusat kota bersejarah Erbil. Erbil dikenal dengan mal modern, situs kuno, dan merupakan situs Warisan Dunia UNESCO.

8. Sidon, Lebanon – 6.000 tahun

Sidon adalah salah satu kota Fenisia yang paling penting karena lokasinya sebagai pelabuhan strategis di Mediterania, dan kota terbesar ketiga di Lebanon dan terletak di wilayah Selatan.

Produksi kaca telah membuat Sidon kaya dan terkenal dan menjadi kota yang maju.

Juga, Fenisia terkenal karena keahliannya dalam pembuatan kapal dan navigasi Laut Mediterania.

9. Plovdiv, Bulgaria – 6.000 tahun

Plovdiv adalah kota terbesar kedua di Bulgaria. Sejarah Plovdiv membentang lebih dari enam milenium, menjadikannya salah satu kota tertua di Eropa.

Penggalian menunjukkan bahwa orang telah mendiami kota kuno di Bukit Nebet Tepe sejak 4000.C. Kota ini merupakan pusat penting Persia, Thrakia, Makedonia, dan Ottoman.

Saat ini, Plovdiv adalah kota terbesar kedua di Bulgaria dan pusat wisata yang sedang naik daun.

10. Varanasi, India – 5.000 tahun

kota tertua di dunia
(C) Srivatsan Balaji on Unsplash

Varanasi adalah kota tertua di India dan juga tempat kelahiran agama tertua – Hindu. Juga dikenal sebagai Benares, Banaras atau Kashi kota ini terletak di tepi sungai Gangga di negara bagian Utara Pradesh di India Utara dan berasal dari abad ke-11 SM.

Kota ini menarik peziarah dan turis Hindu dari seluruh dunia. Para peziarah ini mandi di sungai Gangga dan juga melakukan upacara pemakaman.

Ada sekitar 2.000 kuil, termasuk Kashi Vishwanath, Kuil Emas, yang didedikasikan untuk dewa Hindu Siwa di sepanjang jalan kota yang berliku.

Baca juga: Broadway Alam Sutera, Tempat Foto Kekinian di Tangerang Selatan

Arsitektur

kota tertua

kota tertua di dunia


Rekomendasi

Populer

Mencermati Komitmen Pemerintah Menjawab Tantangan Fiskal 2022