Jurnalistika

Di Tengah Isu Reshuffle, Ketum PAN Dipanggil Jokowi ke Istana

  • Firmansyah

    14 Jun 2022, 21:01 WIB

    Bagikan:

image

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Foto: Media Indonesia)

jurnalistika.id – Ketua DPP PAN, Bima Arya menyebut bahwa Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta hari ini, Selasa (14/6/2022).

Kedatangan Zulkifli Hasan ke Istana terjadi di tengah menguatnya isu reshuffle kabinet yang kabarnya akan digelar besok, Rabu.

Bima mengatakan, Ketua Umum PAN yang karib disapa Zulhas itu tiba di Istana Kepresidena pada waktu magrib.

“Ketua umum sedang di istana sejak magrib tadi,” ujar Bima Arya, yang juga Walikota Bogor ini lewat pesan singkat kepada Tempo.co , Selasa, 14 Juni 2022.

Sebelumnya, Presiden Jokowi disebut tengah bersiap untuk merombak kabinet. Seorang sumber di Istana memastikan Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle itu pada bulan ini.

Sumber tersebut menyebut beberapa menteri akan dicopot dan ada menteri yang akan digeser dari jabatan semula ke posisi lain.

Sumber tersebut juga mengatakan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan akan masuk kabinet, namun belum dipastikan posisi apa yang akan dia tempati.

Selain Zulhas, hari ini Jokowi juga memanggil sejumlah menterinya ke istana. Pada siang hari, Jokowi bertemu Ketua Umum Golkar yang juga Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

Lalu ada juga dua menteri dari Partai NasDem yaitu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Syahrul keluar lebih awal dan enggan berkomentar soal reshuffle. “Aku kerja aja, ada Allah SWT yang mengatur segalanya,” kata dia.

Syahrul hanya menyebut rapat ini membahas soal pangan. Salah satunya terkait ekspor beras. Setelah Sofyan, Airlangga dan Siti kelar belakangan tapi langsung masuk ke mobil.

Barulah setelah itu, berturut-turut datang mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Hadi Tjahjanto, Menteri Agraria Sofyan Djalil, Wakil Menteri Agraria Surya Tjandra. Tak satupun mengkonfirmasi kehadirannya terkait reshuffle.

Hadi tak bicara banyak apakah pemanggilannya berkaitan dengan reshuffle kabinet. “Wah enggak tahu siapa ya. Saya hanya dipanggil enggak tahu apa itu,” kata dia.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi juga dipanggil Jokowi. Belum diketahui kapan dia datang ke Istana karena hanya terpantau keluar dan langsung masuk ke mobilnya.

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google Newsklik di sini.

Sumber: Tempo.co

Kabinet Jokowi

Presiden Jokowi

Reshuffle Kabinet

Zulkifli Hasan


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami