Jurnalistika

Waspada Cuaca Ekstrem, BPBD Kota Sukabumi Imbau Tunda Perjalanan

  • Firmansyah

    28 Feb 2022, 18:02 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi: Cuaca Ekstrem hujan disertai angin kencang (foto: liputan6)

Jurnalistika.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem dan bahaya pohon tumbang.

Hal tersebut menyusul bencana akibat hujan disertai angin kencang yang menerjang Kabupaten Sukabumi pada Minggu (27/2/22) yang menelan korban jiwa.

“Kemarin terjadi cuaca ekstrem di tetangga kita yakni di Kabupaten Sukabumi dan beberapa daerah di Jawa Barat, banyak terjadi pohon tumbang. Untuk itu kami mengimbau peringatan dini cuaca ekstrem kepada masyarakat,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Imran Whardani, seperi dikutip sukabumiupdate, Senin (28/2/22).

Imran mengimbau masyarakat untuk menunda perjalanannya ketika menemui cuaca ekstrem.

Menurutnya, berteduh di tempat seperti pohon besar dan tinggi, baliho dan lainnya, berpotensi terkena dampak angin kencang.

“Silahkan mencari lokasi meneduh yang aman, jangan memaksakan melanjutkan perjalanan di kondisi cuaca ekstrem,” tuturnya.

Baca Juga: Angin Kencang Terjang Sukabumi, Pohon Tumbang Tewaskan 3 Orang

Kemudian, Imran juga menyebut, di Kota Sukabumi sendiri ada pohon tumbang pada Minggu sore. Tepatnya di jalan Syamsudin SH, depan kantor BPJS ketenagakerjaan.

“Tidak ada korban luka maupun jiwa, kami bersama jajaran Kepolisian dan Bidang Pertamanan Dinas PUTR langsung mengevakuasi pohon tumbang tersebut,” tuturnya.

Sedangkan, lanjut Imran, titik rawan pohon tumbang di Kota Sukabumi kemungkinan di Jalan Bhayangkara dan Jalan Surya Kencana. Di sana terdapat beberapa pohon besar.

Adapun untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang di lokasi tersebut, BPBD sudah berkoordinasi dengan Dinas PUTR melalui Bidang Pertamanan dan PLN.

“Akan mengagendakan antisipasi terjadinya pohon tumbang dan melakukan pemangkasan dahan pohon besar,” pungkasnya. (fs)

Angin kencang

Cuaca ekstrem

Cuaca ekstrem Sukabumi

Kota Sukabumi

Peringatan dini

Sukabumi

Sukabumi Hari Ini