Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Wahidin Halim Gabung NasDem, Keluar Demokrat Karena Tak Didukung di Periode Ke-2 Pilgub Banten

  • Firmansyah

    17 Jun 2022, 16:27 WIB

    Bagikan:

image

Mantan Gubernur Banten Wahidin Halim mengikuti Rakernas NasDem di Jakarta. (Foto: dok. Istimewa)

jurnalistika.id – Mantan Gubernur Banten Wahidin Halim menyatakan telah bergabung dengan Partai NasDem. Ia pun tampak menghadiri gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem di Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Wahidin sebelumnya merupakan kader Partai Demokrat. Ia pindah haluan ke NasDem lantaran merasa tak mendapat dukungan Partai sebelumnya untuk menjadi Gubernur Banten periode ke-2.

Untuk itu, alasan perpindahannya ke NasDem itu, Wahidin menyebut adalah sebagai langkah politik.

“Sebagai langkah strategi politik Pemilu 2024 nanti, saya harus punya kendaraan politik,” kata Wahidin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/6/2022).

Wahidin Halim mengaku mendapat kesempatan bergabung dengan Partai Nasdem usai bertemu dengan Ketua Umum Surya Paloh.

“Saya diundang oleh Pak Surya Paloh, diskusi sekitar dua jam. Saya diberi kesempatan dan ditawari calon gubernur periode kedua, calon DPR RI, atau yang lain,” ujarnya.

Diketahui, Wahidin merupakan eks Gubernur Banten yang berpasangan dengan Andika Hazrumy periode 2017-2022. Pasangan gubernur-wakil gubernur itu baru lengser dari jabatannya pada 12 Mei 2022.

Sebelum menjabat Gubernur, Wahidin merupakan Walikota Tangerang dua periode yaitu 2003-2008 dan 2008-2013. Ia juga terpilih sebagai anggota DPR RI tahun 2014.

Wahidin mengatakan, pindahnya ia dari Partai Demokrat ke NasDem untuk karier politiknya ke depan. Ia mengaku Partai Demokrat tidak mendukungnya lagi untuk maju jadi Gubernur Banten selanjutnya.

“Dapat tawaran di Partai Nasdem, bagi saya ini peluang, ya saya ambil, karena di Partai Demokrat juga saya tidak aktif dan di akhir jabatan saya tidak dapat dukungan untuk 2 periode,” pungkasny.

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google Newsklik di sini.

(fsy)

Partai Demokrat

Partai Nasdem

Pemilu 2024

Wahidin Halim