Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Tangkap Roy Suryo Trending di Twitter Usai Unggah Foto Stupa Mirip Jokowi

  • Firmansyah

    15 Jun 2022, 03:33 WIB

    Bagikan:

image

Eks Menpora RI Roy Suryo (Dok: Kemenpora RI)

jurnalistika.id – Tanda Pagar (Tagar) Tangkap Roy Suryo (#tangkaproysuryo) menggema di Twitter. Eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu trending setelah mengunggah tangkapan layar foto hasil editan yang menampilkan stupa candi Borobudur mirip wajah Presiden Joko Widodo.

Per hari ini, Rabu (15/6/2022) dini hari, tagar Tangkap Roy Suryo sudah di-retweet oleh lebih dari 5.969 orang.

Warganet menganggap unggahan Roy Suryo itu sebagai pelecehan terhadap simbol agama Budha dan simbol Negara. Mereka meminta agar Kepolisian menangkap Roy Suryo karena unggahannya.

“Kalau Polisi bisa langsung panggil owner resto Rendang Babi hanya krn bumbu rendang pakai babi doank !!. Berarti akan mudah pula panggil Roy Suryo atas Penghinaan Umat Budha dan Jokowi,” cuit pemilik akun @bringas3006.

“Pa @DivHumas Polri @CCICPolri apakah cuitan @KRMTRoySuryo2 ini termasuk penghinaan terhadap pak Jokowi dan rumah ibadah umat Budha ?? Mohon tindak politikus busuk yang seenaknya melecehkan candi Borobudur dan Kepala Negara,” tulis @VeelaaRhie.

Tak sedikit warganet Twitter yang masih merasa heran jika seorang seperti Roy Suryo dulu pernah menjadi Menteri. Sebagai informasi, Roy Suryo adalah mantan Menpora periode 2013-2014 atau menjelang masa Presiden Susilo Bambang Yudhono (SBY) berakhir. Sejak dan sesudah menjabat, pernyataan Roy memang kerap mengundang kontroversi.

Baru-baru ini, melalui akun Twitternya @KMRTRoySuryo2 kembali mengundang reaksi geram warganet usai mengunggah foto stupa Candi Borobodur yang mirip wajah Jokowi. Warganet menggaungkan tagar Tangkap Roy Suryo yang kini masih jadi top trending Twitter.

Meski unggahan itu telah ia hapus, banyak warganet yang sempat menyimpan unggahan Roy tersebut.

Dalam postingannya itu, Roy Suryo memberi keterangan bahwa hal itu untuk merespon rencana kenaikan harga tiket ke Candi Borobodur. Roy Suryo juga menekankan foto editan itu hasil kreativitas netizen.

“Agar tdk ada yg memprovokasi lagi & dianggap ‘mengedit’ krn ketidakfahamannya. Maka postingan tsb saya drop, case close,” jelas Roy Suryo.

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google Newsklik di sini.

(fsy)

candi bodobudur

Candi Borobudur

roy suryo

Roy Suryo Borobudur

tangkap roy suryo

Twitter

Viral