Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Sopir Odong-odong Jadi Tersangka Kecelakaan Maut di Serang

  • Firmansyah

    27 Jul 2022, 19:23 WIB

    Bagikan:

image

JL (27) sopir yang mengendarai odong-odong yang tertabrak kereta menjadi tersangka. (foto: Kompas/rasyid ridho)

jurnalistika.id – Polda Banten menetapkan sopir odong-odong berinisial JL (27) sebagai tersangka tragedi odong-odong tertabrak kereta. Insiden yang menewaskan 9 orang itu terjadi di perlintasan tanpa palang pintu di Desa Silebu, Kabupaten Serang, Selasa (26/7/2022).

“Penyidik berkeyakinan dan telah menguji keyakinan dalam gelar perkara menetapkan saudara JL usia 27 warga Sentul Kragilan sebagai tersangka per tanggal 27 Juli 2022,” kata Kepala Bidang Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga di Mapolres Serang. Rabu (27/7/2022).

Dari hasil pemeriksaan itu, polisi menilai sopir itu lalai saat mengendarai odong-odong. Ia memutar musik dengan suara cukup keras. Penumpang telah mengingatkannya namun JL tidak mendengar.

Kemudian, rute odong-odong itu tidak semestinya mengarah ke lintasan kereta, permintaan penumpang ke arah Petir. Tetapi, tersangka belok ke TKP, karena ada satu unit odong-odong lainnya yang melintas ke arah yang sama. 

Selain itu, polisi juga mengatakan bahwa JL tidak mengantongi surat izin mengemudi (SIM) sehingga tidak cakap berkendara.

Untuk itu, Polda Banten mengganjar JL dengan pasal berlapis yakni Pasal 310 ayat 2 ayat 3 dan ayat 4 Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang kelalaian berkendara yang mengakibatkan kecelakan lalu lintas hingga mengakibatkan korban mengalami luka ringan luka berat dan meninggal dunia.

Ada tiga pasal yang diterapkan dengan ancaman pidana penjara selama 6 tahun, dan denda maksimal Rp12 juta. Usai menjadi tersangka, penyidik langsung menahan tersangka JL selama 20 hari ke depan.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Maut Odong-odong Tertabrak Kereta di Serang

Dapatkan berita pilihan jurnalistika.id setiap hari langsung ke ponsel di Grup Telegram “Sahabat Jurnalistika”. Mari bergabung dengan cara Klik link ini, kemudian join.

odong-odong tertabrak kereta