logo jurnalistika

Siapkan Peta Jalan Menuju New Normal, Airlangga Hartarto: Herd Immunity Jadi Syarat Utama

  • Firman Sy

    07 Okt 2021, 07:48 WIB

    Bagikan:

Dok.Setkab

Jurnalistika.id – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah telah menyiapkan roadmap menuju era normal baru dengan syarat utama terciptanya herd immunity (kekebalan kelompok).

“Syarat utamanya adalah sudah tercapainya herd immunity, intensifikasi vaksinasi hingga 2,5 juta dosis per hari, dan kasus baru kurang dari 5 ribu,” kata Airlangga Hartarto yang juga menjabat sebagai Ketua KPC-PEN, Kamis (7/10/21).

Baca Juga: Said Aqil Siradj Ketum PBNU: Pak Jokowi Ini Bapak Infrastruktur

Lebih lanjut Airlangga menuturkan bahwa strategi penanganan Covid-19 Indonesia yang menekankan penanganan di hulu maupun hilir terbukti membuahkan hasil yang baik.

Hal ini tercermin dari nilai Reproduction Number (Rt) sebesar 0,60. Angka ini relatif lebih rendah dibanding Rt global dan negara lain.

“Kalau kita bandingkan dengan negara lain, misalnya Singapura angkanya masih 1,44, Inggris 0,97, dunia 0,92, Amerika 0,9, India 0,86, Filipina 0,85, Malaysia 0,81. Jadi Indonesia adalah salah satu yang terbaik dalam penanganan Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, Menko berujar, pencegahan melalui PPKM, peningkatan testing dan tracing, dan akselerasi vaksinasi juga mampu menekan laju penularan Covid-19 di Tanah Air.

Per 3 Oktober 2021, Airlangga menyebut, kasus Aktif di Indonesia berhasil turun 94,59% dari puncak kasus di 24 Juli 2021, dan turun sebesar 53,81% dalam dua minggu terakhir ini.

World Bank pun turut mengapresiasi kecepatan pelaksanaan vaksinasi di Indonesia yang sudah mencapai lebih dari 100 juta dosis.

Baca Juga: IM57 Institute, Wadah Baru 57 Eks Pegawai KPK

Capaian tersebut menjadikan Indonesia berada di peringkat ke-5 dunia dalam hal jumlah penyuntikan dosis pertama, serta berada di peringkat ke-6 dunia dalam jumlah total suntikan vaksinasi Covid-19.

Untuk strategi penanganan Covid-19 di hilir dengan Isolasi Terpusat (Isoter) yang memanfaatkan Rusun, Hotel, Asrama Haji, dan Kapal PELNI, Menko Airlangga menyebut sebagai kebijakan yang tidak ditemui di negara lain.

Airlangga Hartarto

Covid-19

herd Immunity

New normal


Rekomendasi

Topik Pilihan

#

Vannesa Angel

#

Tangsel

#

Benyamin Davnie

#

Jokowi Dodo

#

PT. PITS

Terbaru

dsds

Fakta Menarik Desa Wisata Huta Tinggi: Dekat Danau Toba Identik Dengan Kerbau

Peringati Hari AIDS Sedunia, Ini Yang dilakukan KPA Purwakarta

Menitipkan Masa Depan Melalui Pohon : Investasi Oksigen

Ini Rincian UMK Banten Tahun 2022 yang Ditetapkan Gubernur Wahidin Halim

Pemkot Tangsel Gelar Pengembangan Pelaku Usaha Sektor Pertanian Demi Peningkatan Produksi

Ini Alasan Erick Thohir Gabung Banser

Pemkot Tangsel Gelar Giat Pengembangan Usaha Mikro Bagi Pelaku Usaha

Julham Firdaus Kembali Pimpin Bamus Tangsel, Begini Harapan Walikota